Touring Tipis Pererat Kebersamaan Anggota BVC

oleh -
Foto bersama Direktur Kepatuhan Bank bjb dan pembina serta para anggota bjb Vespa Community (BVC) di area Situ Kahuripan, Wanayasa, Purwakarta, Minggu (24/11).

RADARBANDUNG.id, PURWAKARTA–Suara khas knalpot sepeda motor vespa terdengar nyaring di Kantor Cabang bjb Sukajadi, Kota Bandung, Minggu (24/11). Puluhan skuter pabrikan Italia itu akan Touring Tipis ke Wanayasa, Kabupaten Purwakarta. Tak lupa, segala perlengkapan safety riding-pun disiapkan.

Pukul 07.30 WIB, peserta touring yang tergabung dalam bjb Vespa Community (BVC) mulai melakukan perjalanan. Start dimulai dari Kantor Cabang bjb Sukajadi, Jalan Sukajadi, Kota Bandung. Kemudian melewati Jalan Setiabudhi menuju jalur Lembang, Tangkuban Perahu hingga Sagalaherang (Subang) dan finish di Wanayasa Kabupaten Purwakarta.

Direktur Kepatuhan bank bjb Agus Mulyana didampingi Ketua BVC Ucu Supriatna serta beberapa pimpinan cabang bank bjb memberikan arahan sebelum start di area parkir bank bjb cabang Sukajadi.

Selama perjalanan kecepatan tak lebih dari 60 kilometer perjam. Menyusuri ruas jalan di tengah suasana hijau area perkebunan dengan sepeda motor unik beragam seri. Selama perjalanan peserta juga menerapkan safety riding untuk keamanan dan keselamatan berkendara.

Seluruh peserta BVC melakukan ‘toast’ sebelum engine on.

Di kawasan Tangkuban Perahu, peserta istirahat. Mereka rehat sejenak di sebuah warung sederhana, sambil “ngopi”, setting mesin serta mengecek kondisi rem. Kebersamaan sesama anggota BVC terlihat. Tak ada sekat antara karyawan, Pimpinan Cabang dan jajaran Direksi bjb. Semua mencair. Semua bahagia dalam satu hobi.

Suasana turing tipis BVC melintasi kawasan Tangkuban Parahu, Kab Subang.

“Tak ada sekat, kami sama-sama menyalurkan hobi,” ucap Direktur Kepatuhan bank bjb, Agus Mulyana.

Perjalanan dari Kota Bandung menuju Wanayasa ditempuh dengan waktu kurang lebih 2,5 jam. Pukul 10.00 WIB para peserta tiba di kota yang berjuluk kota pensiun. Meskipun jaraknya terbilang dekat, namun Touring Tipis menjadi kegiatan untuk mempererat persaudaraan dan kebersamaan baik sesama anggota BVC maupun komunitas lain.

“Selain menyalurkan hobi, tali persaudaraan dan silaturahmi semakin terjalin,” kata Amul sapaan Agus Mulyana.

Makan bareng di Wanayasa.

BVC merupakan salah satu anggota komunitas sepeda motor bjb club yang didirikan sejak 2011. Sampai saat ini, komunitas skuter tersebut tetap eksis.
Setiap dua pekan BVC melakukan agenda rutin, touring tipis keliling wilayah Bandung Raya. Sedangkan untuk touring jarak jauh dilaksanakan minimal tiga sampai empat kali dalam satu tahun.

“Untuk touring tipis ke Wanayasa ini diikuti 35 peserta,” jelas Amul yang juga menjabat sebagai Pembina BVC.

Amul yang juga kandidat doktor manajemen Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) itu memang menggemari dunia olahraga. Bulu tangkis, sepeda, maraton hingga touring motor ia lakoni selama puluhan tahun.

“Terutama olahraga yang memacu adrenalin, touring motor vespa salah satunya,” katanya.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua BVC, Ucu Supriatna menyebut, dengan touring bersama diharapkan dapat meningkatkan kebersamaan dan kekompakan baik di lingkungan kerja maupun di luar lingkungan kerja. Tujuannya, untuk kebersamaan dan memberikan kontribusi positif pada kinerja perusahaan.

“Menurut saya touring vespa banyak filosofi dan manfaatnya,” tutur Ucu yang juga menjabat sebagai Sekretaris YKP bank bjb.

Dosen Luar Biasa STIE EKUITAS dan Internasional Women University itu juga menambahkan, dengan touring selain memberi kontribusi positif pada kinerja perusahaan juga untuk meningkatkan kebersamaan yaitu soliditas dan solidaritas sesama anggota vespa juga terjalin. Contohnya, apabila ada salah satu rekan yang vespanya mogok maka rekan yang lain tidak meninggalkan melainkan saling membantu hingga vespanya kembali jalan.

“Banyak hal menariknya selain kebersamaan dalam komunitas vespa,” ujar Ucu.

Kata Ucu, rencananya untuk agenda tahun depan BVC akan mengikuti Vespa World Day di Bali, Juli 2020. Peserta bakal diikuti club dan komunitas vespa dari seluruh negara di dunia.

“Ya dengan mengikuti acara-acara seperti itu, kami jadi tambah saudara. Intinya Satu Vespa Sejuta Saudara,” tandas Ucu yang saat ini sedang menyelesaikan program study S3 di UPI Bandung.(ymi)