8 Kiat Menjaga Kesehatan Jantung dan Ginjal

oleh -
Kesehatan Jantung
Jantung (ilustrasi). Foto: Magic Mine/Shutterstock

RADARBANDUNG.id – Jantung merupakan organ pemompa darah segar yang mengandung oksigen dan nutrisi. Berkat kinerjanya, seluruh organ dapat berfungsi dengan baik.

Sayangnya, jantung juga membutuhkan organ lain agar darah yang dialirkan ke seluruh tubuh tidak mengandung banyak racun dan air – dalam hal ini adalah organ ginjal.

Ginjal sendiri memiliki fungsi untuk menyaring darah dan menghilangkan limbah untuk dikeluarkan melalui urine. Organ ini mengatur elektrolit, bahan kimia penghasil listrik yang diperlukan untuk fungsi sel otot dan saraf.

Baca Juga: Pasien Dipantau Dinkes Selama 14 Hari

Baik penyakit jantung maupun penyakit ginjal, keduanya sama-sama disebabkan oleh diabetes dan tekanan darah tinggi (hipertensi).

Supaya hal tersebut tidak sampai dialami oleh Anda, lebih baik bila sedari awal sudah menjaga kesehatan jantung dan ginjal, sekaligus mencegah diabetes dan hipertensi.

Adapun cara yang bisa dilakukan, yaitu:

Baca Juga: Belasan Remaja Diamankan Polsek Baleendah

  1. Konsumsi lemak baik, seperti minyak zaitun, ikan salmon, ikan sarden, dan biji-bijian.
  2. Beraktivitas fisik secara teratur dengan cara yang mudah, misalnya naik-turun tangga, jalan kaki, jogging, berenang, dan senam dengan durasi minimal 30 menit per sesi (lima kali seminggu).
  3. Hindari rokok dan paparan asapnya.
  4. Cukupi kebutuhan istirahat.
  5. Kontrol gula darah dan cek kadar gula darah secara rutin.
  6. Jaga pola makan dengan mengonsumsi makanan rendah garam, dan kurangi daging olahan, makanan instan, juga makanan kaleng.
  7. Minum air putih paling tidak 1,5-2 liter setiap harinya. Bagi Anda yang pernah memiliki riwayat batu ginjal, minum air putih yang cukup sangat dianjurkan.
  8. Jangan sembarangan mengonsumsi obat, terutama obat analgetik. Kalau salah dosis, dapat berpotensi menyebabkan kerusakan ginjal. Rutin mengonsumsi obat anti-inflamasi nonsteroid seperti ibuprofen dan naproxen (misalnya untuk nyeri kepala atau nyeri sendi) juga bisa berisiko untuk kesehatan ginjal.

Jadi yang penting terapkan pola hidup sehat agar kesehatan organ tubuh tidak terganggu.

(fr/rpa/klikdokter/jpnn/radarbandung)