Oded: Disabilitas Kami Terus Fasilitasi

oleh -
ODED M DANIAL
Foto: Humas Pemkot Bandung

RADARBANDUNG.ID, BANDUNG – Walikota Bandung, Oded M Danial memastikan Pemerintah Kota Bandung memberikan akses yang luas bagi kaum difabel untuk memperoleh haknya. Mulai dari pendidikan, kesehatan, hingga lapangan kerja.

Salah satu upaya untuk memastikan hal tersebut, Kota Bandung membentuk Tim Rehabilitasi Bersumberdaya Masyarakat (RBM) bagi penyandang disabilitas.

Oded mengatakan, RBM dibentuk sebagai wujud komitmen pemerintah memberikan akses seluas-luasnya kepada para difabel terhadap seluruh kebutuhannya.

Mulai dari pendidikan, kesehatan, hingga lapangan kerja. Di sinilah peran pemerintah melindungi dan memfasilitasi para difabel untuk terus berkarya.,

“RBM menjadi wujud keberpihakan pemerintah terhadap penyandang disabilitas. Yang pasti, Komitmen kita tidak boleh luntur di tengah keterbatasan dana dan SDM,” kata Oded saat melantik dan memberikan pembekalan Tim Rehabilitasi Bersumberdaya Masyarakat (RBM) bagi penyandang disabilitas Kota Bandung di Pendopo Kota Bandung, Kemarin.

RBM merupakan organisasi berbasis masyarakat yang akan menjadi fasilitator bagi difabel di Kota Bandung. Organisasi ini dipimpin langsung oleh istri Walikota Bandung, Siti Muntamah Danial.

Oded menegaskan, perlindungan terhadap para difabel tidak hanya tanggung jawab pemerintah tetapi juga masyarakat.

Oleh karena itu, RBM melibatkan berbagai unsur masyarakat, terutama komunitas peduli difabel.

“Kita optimis bisa tetap menyediakan fasilitas penunjang bagi disabilitas sehingga kota inklusi tetap terwujud dengan sebenar-benarnya,” ujar ayah dari tujuh orang putri itu.

(nda/rls)