Dompet Dhuafa Berbagai Bantuan kepada 25.677 jiwa

oleh -
Pimpinan Cabang Dompet Dhuafa Jawa Barat, Andriansyah dalam acara Public Expose 2019 di bilangan Sumur di Jalan LL RE Martadinata, Kota Bandung, Kamis (24/1). (Azzis Zulkhairil/Radar Bandung)

RADARBANDUNG.ID, BANDUNG – Dompet Dhuafa Jawa Barat telah memberikan manfaat program kepada 25.677 jiwa. jumlah tersebut terangkum selama 2018. Dari 25.677 jiwa itu tersebar di 13 kota/kabupaten di provinsi Jawa Barat.

Beberapa kota/kabupaten itu diantaranya Kota Bandung, Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Sumedang, Tasikmalaya, Garut, Clamis, Cirebon, Kuningan, Sukabumi, Cianjur, Purwakarta dan Indramayu.

“Program Dompet Dhuafa Jabar sendiri terdiri dari bidang Pendidnkan, Kesehatan, Ekonomi. dan Sosial Kemausiaan,” kata Pimpinan Cabang Dompet Dhuafa Jawa Barat, Andriansyah dalam acara Public Expose 2019 di bilangan Sumur di Jalan LL RE Martadinata, Kota Bandung, Kamis (24/1).

Andriansyah juga menjelaskan, program Dompet Dhuafa Jawa Barat dilaksanakan agar bisa mengubah kondisi penerima manfaat menjadi leblh baik. Khususnya di program pemberdayaan ekonomi.

“Misalnya di program Kampung Temak, program pemberdayaan peternak rakyat. Alhamdulillah memberikan dampak penghasilan peternak bertambah sebesar Rp500.000-RP700-000 Per bulan,”ungkapnya.

program tersebut juga memberikan bantuan modal dan pembinaan kepada 37 peternak lokal di Kabupaten Bandung, Cianjur, dan Sukabumi. Saat ini total populasi ternak 175 ekor. Dalam bidang pendidikan, Dompet Dhuafa Jawa Barat juga berperan.

“Salah satunya menggulirkan program vokasional atau keterampilan. Dompet Dhuafa Jawa Barat memberikan pelatihan keterampilan kepada pemuda usia produktif,”kata Andriansyah.

Dimana dalam perjalananya Program itu berdampak pada 20 orang lulus pelatihan Pijat Refleksi di Kota Bandung dan di Cirebon sebanyak 15 perempuan memiliki kemampuan menjahit dan mampu menambah penghasilan.

“Sebanyak 50 mahasiswa dan 50 pelaku UKM di Cirebon mengoptimalkan penjualan produk melalui digital marketing,”sambungnya.