Bandung Juara Umum STQH 2019

oleh -
stqh
JUARA: Walikota Bandung Oded M Danial berfoto bersama usai penutupan gelaran STQ. (IST)

RADARBANDUNG.id, BANDUNG – Kota Bandung meraih gelar juara umum pada Seleksi Tilawatil Quran dan Hadis (STQH) XVI/2019 tingkat Jawa Barat. Pertama kali menyabet piala bergilir, Kota Bandung berhasil menggeser Bogor yang tahun ini menduduki posisi kedua dengan selisih 11 poin.

Diikuti 398 peserta dari 27 kota kabupaten Jabar, para pemenang akan melakukan pembinaan untuk persiapan STQH tingkat nasional yang digelar pada bulan Juni di kota Pontianak, Kalimantan Barat.

Diselenggarakan di tiga tempat yang berbeda, yakni Pusdai, Masjid Raya Agung, dan Masjid Al Muttaqin Gedung Sate. Acara ini diselenggarakan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan bekerja sama dengan Kementerian Agama Provinsi Jabar dan Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Provinsi Jabar.

“Alhamdulillah juara umum STQH ke-16 sebagai Jabar. Ini merupakan kado terbaik setelah sekian lama Bandung belum pernah mendapat gelar STQ,” ucap Wali Kota Bandung, Oded M Danial, ditemui usai penutupan STQH di halaman Masjid Pusdai, Bandung.

Kendati demikian, Oded mengingatkan, raihan gelar juara ini tidak membuat para kafilah beserta tim pendukung lainnya terlena. Justru, menjadi cambuk agar lebih semangat dalam berlatih. “Momentum kemenangan ini menjadi spirit untuk terus meningkatkan kemampuan. Juara bukan tujuan utama, tapi yang terpenting bagaimana bisa terus tingkatkan penampilan dalam STQH ini,” terangnya.

Ada enam cabang perlombaan yang di ikutsertakan pada tingkat Jabar, diantaranya Musahabaqah Tilawatil Alquran anak anak dan dewasa, Musabaqah Hifzil Qur’an ( MHQ) 1 Juz dan 5 Juz, Musabaqah Hifzil Qur’an ( MHQ) 10 Juz dan 20 Juz, Musabaqah Hifzil Qur’aan ( MHQ) 30 Juz dan Tafsir Bahasa Arab, Musabaqah Hadist Nabi Cabang Hafalan 100 Hadist dengan sanad, dan Musabaqah Hadist Nabi cabang hafalan 500 hadist tanpa sanad.

Kota Bandung berhasil meraih 25 poin pada acara yang berlangsung setiap dua tahun sekali tersebut. Atas pencapaian ini, Oded juga meminta kepada Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Kota Bandung untuk membina lebih intensif. LPTQ Kota Bandung yang dipimpin langsung Ema Sumarna ini juga harus semakin rajin menggali potensi kafilah baru.

“Saya berharap momentum kemenangan ini selain menjadi spirit tapi juga LPTQ pimpinan Pak Ema bisa lebih meningkatkan lagi pembinaan kepada warga Bandung khususnya mereka yang memiliki potensi pada STQ atau MTQ,” tandasnya.

(pra)