Sebulan Ada 2 Pasar Kebakaran, Pemkot Bandung Siap Lakukan Audit Pasar

oleh -
Fotp: Humas Pemkot Bandung

RADARBANDUNG.ID, BANDUNG – Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung memiliki tugas rumah penting, yakni proses audit ulang pasar di Kota Bandung.

Mengingat, dalam rentang yang berdekatan ada 2 unit pasar yang mengalami kebakaran, yakni Pasar Kosambi dan Ujungberung Bandung.

Wakil Walikota Bandung, Yana Mulyana menegaskan, audit akan dilakukan secara menyeluruh termasuk alat proteksi kebakaran dan jalur evakuasi.

“Hasil pengamatan sementara usai kebakaran di Pasar Kosambi, ada beberapa hal yang patut diperbaiki, untuk di Pasar Ujungberung masih masih proses pengamatan sementara, apakah sama atau tidak,” ujar Yana saat meninjau pascakebakaran di Pasar Ujungberung Bandung, Senin (10/6/2019).

“Belajar dari Kosambi, jalur-jalurnya sama sirkulasi udara dan evakuasi pemadaman sempit. Jadi harus ada titik ideal. Kita tidak mengharapkan, tapi standar minimal harus ada, karena rentan,” kata Yana.

Selain itu, Yana meminta pihak PLN mengecek ulang arus listrik di pasar-pasar. Informasi yang dia terima, kebakaran di Pasar Ujungberung juga diduga dipicu korsleting.

“Saya juga imbau ke PLN untuk tidak mudah melakukan penyambungan. Harus dilihat instalasi di dalamnya, jangan dari titik PLN ke meterannya saja, tapi di dalam juga harus dilihat. Karena di dalam tadi saya sepintas lihat, kurang baik,” ucap Yana.

Reporter: Dony Indra Ramadhan/dtc

Editor: Nida Khairiyyah