Kabar Baik! Perawat di Bandung Bisa Magang di Rumah Sakit Jepang

oleh -
Sumber: Humas Setda Kota Bandung

RADARBANDUNG.ID, BANDUNG – Perawat asal Kota Bandung kini memiliki kesempatan untuk magang di Kota Toyota Jepang. Tak hanya itu, Kota Bandung juga menguatkan kerja sama dengan Kota Hamamatsu di bidang lingkungan hidup.

Hal ini diperoleh setelah WaliKota Bandung, Oded M. Danial berkunjung ke dua kota tersebut. Kedua kota tersebut merupakan sister city Kota Bandung.

“Saya kemarin ke Toyota dan Hamamatsu dan oleh-oleh di dua kota itu saya mengadakan kerja sama. Kita menyepakati kerja sama di bidang kesehatan, yakni pembukaan kesempatan magang untuk perawat asal Kota Bandung,” ungkap WaliKota Bandung, Oded M. Danial di Masjid Pusdai Jalan Diponegoro, Bandung, Senin (1/7/2019).

“Untuk kerja sama dengan Toyota, nanti leading sector di Dinas Tenaga Kerja Kota Bandung dan  Toyota,” ujarnya.

Sedangkan dengan Kota Hamamatsu, kerja sama di bidang lingkungan khusus perihal pengelolaan air akan ditindaklanjuti oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLHK) Kota Bandung dan PDAM Tirtawening.

“Di Hamamatsu itu kerja sama bidang lingkungan, pertama itu PDAM juga dengan lingkungan hidup, kemarin bersama DLHK. Baik dari sisi pemagangan, terus transformasi teknologi dan lain sebagainya, terutama PDAM seperti bagaimana kita menangani kebocoran dan sebagainya,” katanya.

Perlu diketahui, kerja sama Kota Bandung dengan Kota Toyota memang telah berjalan sejak beberapa tahun lalu. Ruang lingkup kerja sama keduanya yaitu informasi dan teknologi, sistem transportasi berkesinambungan, aktifitas lingkungan hidup, kesejahteraan sosial, pendidikan, pemberdayaan sumber daya manusia, dan reformasi administrasi

Sedangkan kerja sama dengan Kota Hamamatsu di antaranya, pertukaran stakeholder yang berkaitan dengan pengembangan kota kreatif, pelatihan yang berkaitan dengan lingkungan hidup, pemeliharaan lingkungan (konservasi), pengelolaan sampah, manajemen air bersih dan limbah, pertukaran kegiatan bisnis, dan pertukaran dan kerja sama di antara lembaga pendidikan dan penelitian.

Sumber: Humas Pemkot Bandung
Editor: Nida Khairiyyah