Kanwil Kemenag Jabar Paparkan Capaian Kinerja

oleh -
kemenag
IST

RADARBANDUNG.id, BANDUNG – Upaya peningkatan akuntabilitas kinerja Kementerian Agama disetiap provinsi diwujudkan dengan tahapan evaluasi capaian. Evaluasi dilakukan pada Semester II Tahun 2019, yang dilaksanakan di 3 tempat yaitu Wilayah Barat di Provinsi Sumatera Selatan, Wilayah Tengah di Provinsi Sulawesi Selatan dan Wilayah Timur di Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Barat mendapatkan kesempatan istimewa untuk memaparkan capaian kinerja di Provinsi Sulawesi Selatan, Hari Kamis (18/7/2019) di Hotel Santika Makasar.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Barat, H. A. Buchori, didampingi beberapa staf dari Subbag Ortala dan Kepegawaian mengatakan, sampai pada triwulan II tahun 2019 Kanwil Kemenag Jawa Barat sudah dapat merealisasikan anggaran sebesar 44,49 persen dari total PAGU yang telah ditetapkan.

“Pada grafik terlihat yang paling tinggi realisasinya adalah pada program Bimbingan Masyarakat Buddha yaitu 59,11 persen kemudian program dukungan manajemen dari pelaksanaan tugas teknis lainnya Kementerian Agama dan Kerukunan Umat Beragama,” papar Buchori.

Tidak hanya triwulan II tahun 2019, Buchori juga menjelaskan grafik capaian kinerja dari tahun 2015 sampai 2018 sebagai pembanding dan perkembangan capaian kinerja Kementerian Agama Jawa Barat.

“Pada tahun 2018, lanjutnya, penyerapan anggaran meningkat dari tahun sebelumnya yaitu sebesar 98,39 persen dari PAGU total,” jelasnya.

Dibalik peningkatan ini, Kemenag Jabar menemukan beberapa kendala dan hambatan yang menjadi perbaikan kedepannya.

“Adanya perubahan sasaran strategis mengakibatkan inkonsistensi dalam perbandingan data sehingga kami terus berkoordinasi untuk perubahan sasaran ini sehingga kinerja dapat sesuai dengan arahan atau renstra pusat,” jelasnya.

Pada kesempatan ini, Buchori juga menginformasikan bahwa Pemerintah daerah Kabupaten Indramayu sudah menghibahkan tanah untuk pendirian Asrama Haji sehingga ditargetkan pemberangkatan jemaah haji Jawa Barat tidak hanya dari Embarkasi Jakarta-Bekasi tetapi juga dari Embarkasi Kertajati.

Buchori pun mengutarakan keinginannya untuk mengadakan kegiatan serupa di Provinsi Jawa Barat sebagai upaya untuk mengetahui perkembangan capaian kinerja masing-masing kab/kota sekaligus dapat saling bertukar informasi.

(arh/net)