Stok Darah Golongan A Menipis

oleh -
stok darah
DONOR DARAH: Petugas Palang Merah Indonesia (PMI) sedang memeriksa kesehatan pendonor. Foto : ( IST )

RADARBANDUNG.id, BANDUNG – Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Bandung kebingungan untuk menambah stok darah golongan A. Pasalnya, saat ini stok golongan darah tersebut sudah menipis.

Staf rekrutmen donor darah PMI Kota Bandung, Mutiara Afriani mengatakan,
menipisnya stok darah golongan darah A karena banyaknya permintaan dari sejumlah Rumah Sakit. Permintaan itu berbanding terbalik dengan jumlah pendonor.

“Stok darah golongan A hari ini di PMI Kota Bandung menipis, stoknya hanya 7. Sedangkan golongan darah O kita lumayan ada sekitar 600-an,” ucap Mutiara, di Bake It Speedlife Cafe, Bahureksa Bandung, Selasa (6/8/2019).

Dirinya menilai, idealnya stok darah aman dalam satu bulan berjumlah 12.000 kantong dengan kebutuhan harinya 400 untuk semua jenis golongan darah di Kota Bandung.

“Sekarang kita ada di angka 1200 dan golongan darah A memang biasanya paling sedikit karena jumlah pendonor yang sedikit tapi kebutuhan di rumah sakit tinggi,” katanya.

Dikatakan Mutiara, sejauh ini pemahaman masyarakat khususnya di Kota Bandung cukup tinggi dalam pentingnya donor darah. Hal itu terbukti dari pendonor yang datang ke PMI kurang lebih sekitar 200 orang per hari.

“Tapi untuk pendonor golongan darah A saat ini kurang,” pungkasnya.

(arh/gan/rmol)