Oded: Habibie Pengingat Zikir dan Berpikir

oleh -
oded
WAWANCARA: Walikota Bandung, Oded M Danial saat diwawancara sejumlah wartawan. (foto: IST)

RADARBANDUNG.id, BANDUNG – Walikota Bandung, Oded M Danial punya pandangan sendiri tentang Presiden ke-3 RI B.J Habibie. Di mata Oded, jika mengingat Presiden RI ke-3 itu berarti ingat berzikir dan berpikir.

“Beliau itu punya kekuatan aspek zikir. Beliau selalu ingat Allah SWT dan akhirat. Ini tercermin ketika saya beberapa kali bertemu beliau saat mengurus Masjid Habiburrahman. Saya lihat dari apa yang beliau lakukan di kesehariannya. Seperi puasa Senin dan Kamis serta selalu membaca Alquran. Ini menunjukkan aspek zikirnya sangat luar biasa,” ujar Oded, Kamis (12/9/2019).

Oded menilai, Habibie selalu menerjemahkan zikir dalam kegiatan sehari-harinya. Seperti diketahui, sebelum menjabat sebagai Wali Kota Bandung, Oded pernah menjadi karyawan di PT Dirganara Indonesia (PTDI). Oded bekerja di sana selama 16 tahun.

“Sebagai orang yang pernah menjadi anak buahnya Pak Habibie selama 16 tahun di IPTN, saya memandang pak habibie ini adalah sosok tokoh masyarakat, sosok pemimpin yang melekat dalam dirinya,” kata Oded.

Selain kekuatan zikir, Oded juga menilai Habibie memiliki kekuatan pikir. Habibie memiliki kecerdasan yang sangat luar biasa dan kecintaan kepada NKRI.

“Dalam aspek pikir beliau memiliki kecerdasan intelektual serta kecintaan kepada NKRI yang luar biasa sehingga beliau diminta untuk mengembangkan industri penerbangan di Indonesia,” tutur Oded.

Menurutnya, Habibie adalah orang yang visioner. Ia mempunyai keikhlasan, ingat kepada Tuhan dan akhirat. Maka dari itu Oded mengajak warga Kota Bandung untuk meneladaninya.

“Saya secara pribadi, keluarga dan atas nama mantan anak buah beliau, merasa kehilangan. Saya akan selalu berupaya meneladani beliau. Saya juga mengajak kepada masyarakat Kota Bandung untuk teladani apa yang sudah ditorekan oleh pak Habibie selama ini,” pintanya.

Di sisi lain, Pemkot Bandung mengibarkan bendera Merah Putih setengah tiang pada apel pagi di Plaza Balai Kota Bandung Jalan Wastukancana, Kamis (12/9/2109). Hal itu sebagai simbol turut beduka atas meninggalnya Presiden ke-3 Republik Indonesia, BJ Habibie pada Rabu (11/9/2019).

(mur)