Manfaatkan Layanan GoFood, Akses Pasar Usaha Kuliner Meluas

oleh -

RADARBANDUNG.id, SEBAGAI salah satu merchant GoFood, Spicy Yakiniku sudah meraup keuntungan besar. Bergabung pada Agustus 2019, merchant yang berlokasi di Jalan Bojongsoang bisa melayani ratusan pesanan.

Tak Cuma laris, merchant yang menjual ragam yakiniku bercita rasa pedas ini mendapat rate 4,7 dalam GoFood.

Namun semua kesuksesan itu tidak lahir secara instan. Pemilik kedai Spicy Yakiniku, Agustino mengatakan bisnisnya pertama kali buka di dalam sebuah garasi berukuran kecil.

“Saya merasa ini pasti orang kalau makan di sini tidak nyaman, jadi ya sudah langsung daftar sebagai merchant gofood saja sistemnya take away,” katanya di Bandung, Kamis (28/11/2019).

Berkat GoFood juga, Agus memberanikan diri membuka bisnis kuliner pertamanya. Tidak disangka dalam kurun waktu empat bulan, merchantnya mendapat sambutan positif. Dalam menjalankan bisnisnya, Agus menggunakan Gobiz. Ini adalah aplikasi pengelolaan restoran yang mana dia bisa menentukan harga, foto makanan, promo, dan lainnya.

Gojek membantu merchant dengan memberikan akses kepada pasar yang luas melalui aplikasi Gojek untuk menumbuhkan bisnisnya. Selain itu, di sisi mitra merchant, gofood juga terus berinovasi sehingga merchantnya bisa menawarkan lebih banyak pilihan makanan, mempromosikan menu hingga mengatur operasional mereka.

“Melalui Gobiz merchant bisa secara mandiri mengatur dan menawarkan promo khusus untuk restoran mereka sendiri. Teknologi ini juga telah terbukti meningkatkan pendapatan rata-rata merchant hingga 3,5 kali,” kata VP Regional Gojek Jawa Barat dan Banten, Becqueni Akbar.

Becqueni menyebutkan 96 mitra merchant yang tergabung dengan gofood adalah pelaku kuliner yang memulai usahanya dari bisnis kecil dan rumahan. “Lewat inovasi teknologi dan dukungan ekosistem gojek secara keseluruhan, kami ingin mitra merchant di Bandung dapat terus tumbuh bersama gofood dan mendukung pariwisata lokal,” terangnya.

Pertumbuhan kontribusi mitra UMKM Gofood ini antara lain disebabkan oleh optimalisasi fitur teknologi Gojek yang semakin gencar digunakan oleh mitra UMKM Gofood. Kehadiran Gofood membuat Mitra UMKM berkesempatan untuk terus mengembangkan usahanya dengan meningkatkan volume dan omzet bisnis. Hal ini ditunjukkan dari data nasional, di mana 85 persen responden UMKM menginvestasikan kembali pendapatannya dari GoFood ke dalam usaha mereka.

(fid)