Waspadai Puting Beliung Sampai Bulan Mei

oleh -
puting beliung
ist

RADARBANDUNG.ID, BANDUNG – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bandung mengimbau agar warga Kota Bandung dan sekitarnya tetap berjaga-jaga, terkait adanya angin puting beliung yang beberapa hari lalu menimpa warga Kabupaten Bandung dan Kabupaten Bandung Barat (KBB).

Kepala BMKG Bandung, Tony Agus Wijaya menyampaikan, ada dua unsur yang menjadikan suatu daerah terkena angin puting beliung.

Yang pertama adalah adanya awan Cumulonimbus (CB) disertai perbedan suhu dipermukan daerah tersebut dan juga sebaliknya.

Ia mengatakan, untuk saat ini prediksi hujan akan dihadapi warga Kota Bandung bahkan Bandung Raya hingga bulan Mei mendatang.

“Saat ini masih musim bujan, potensi awan CB masih ada sampai bulang Mei,” ujarnya kepada Radar Bandung, Minggu (13/1).

Puting Beliung dikatakanya, bisa berada diwilayah mana saja tidak menampik kemungkinan untuk wilayah Kota Bandung, hal tersebut bisa diketahui dengan adanya awan CB maka daerah tersebut berpotensi terneka angin kencang.

“Angin Puting Beliung bisa kemana aja, kalau ada angin bergerak ke suatu tempat tempat tersebut ada awan CB potensi angin kencang ada,”ungkapnya.

 

(azs/ipn)