Muhammadiyah Tetapkan Idul Fitri 5 Juni 2019

oleh -

RADARBANDUNG.id –  Meski Sidang Isbat penentuan satu 1 Syawal Hijriah baru akan dilaksanakan pada Senin (3/6) mendatang, namun Muhammadiyah sudah menetapkan lebih awal. Hari Raya Idul Fitri jatuh pada Rabu 5 Juni 2019.

Ketetapan itu diungkap oleh Ketua Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah Haedar Nashir di Kantor PP Muhammadiyah Jogjakarta, Kamis (30/5) malam.

“Pimpinan Pusat Muhammadiyah melalui majelis tarjih dan tajdid telah menetapkan bahwa 1 Syawal 1440 Hijriyah jatuh pada tanggal 5 Juni 2019,” ucap Haedar dalam keterangannya, Jumat (31/5).

Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir. 

Haedar memerkirakan penetapan Hari Raya Lebaran tahun ini tidak akan berbeda dengan golongan maupun organisasi lainnya. Meskipun demikian jika penetapan Hari Raya Lebaran ini nantinya berbeda, maka tidak perlu dijadikan masalah.

“Kami Muhammadiyah sebagaimana juga seluruh komponen umat Islam dan bangsa Indonesia selalu memiliki rasa toleransi ketika terjadi perbedaan. Sebenarnya umat Islam dan bangsa Indonesia itu sudah dewasa untuk berbeda,” ucap Haedar.

Haedar berharap momentum 1 Syawal atau Idul Fitri 1440 Hijriah dijadikan sebagai sarana untuk saling memaafkan, dan sarana untuk merekatkan kembali persaudaraan kita sebagai bangsa.

Dia meminta Idul Fitri dijadikan sebagai momentum untuk secara bersama-sama agar umat Islam dan bangsa Indonesia sebagai rumah milik bersama untuk maju menjadi bangsa dan negara yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur menuju Indonesia berkemajuan.

“Semoga Allah memberi rahmat untuk bangsa Indonesia,” tegas Haedar.

(jpc)