Diguyur Hujan Deras, Mina Dilanda Banjir

oleh -
Banjir di Mekkah

RADARBANDUNG.id, MEKKAH–Hujan deras yang terus mengguyur membuat Mina, Arab Suadi, dilanda banjir. Kondisi Mina yang diterjang banjir tersebut  tergambar dalam sebuah tayangan video yang viral di media sosial. Ini sangat kontras dengan kondsi Mekkah yang terkenal sebagai daerah jarang dilanda banjir dan hujan.

Dalam video itu menggambarkan kalau banjir ini terjadi di dekat pitu terowongan Mina. Informasi yang beredar, sebelum banjir terjadi, Mina memang dilanda hujan es.

Seperti diketahui, saat ini jemaah haji dari segala penjuru dunia tengah melakukan rangkaian ibadah haji di Mina. Dalam video berdurasi 16 detik itu terlihat jemaah berbondong-bondong berjalan melewati air setinggi hampir selutut orang dewasa.

Dilansir dari Khaleej Times, Senin (12/9/2019), daerah Mina memang diguyur hujan deras. Sampah-sampah terbawa aliran air hujan ke tempat yang lebih rendah. Menurut informasi, air hujan juga merembes ke dalam tenda jemaah.

Sementara itu Kepala Daerah Kerja Mekkah Panitia Pelaksana Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi 2019 Subhan Cholid mengaku tengah berada di Mekkah. “Saya kok tidak menemukan kondisi (di video). Hujan iya, tapi enggak banjir,” kata Subhan seperti dikutif dari Kompas.com.

Salah seorang jemaah haji asal Indonesia, Julia Wingantini juga membenarkan pada Senin (12/8/2019) kawasan Mina dilanda hujan deras. “Memang kemarin hujan. Hujan es. Sampai dari AC, es masuk ke kamar,” kata Julia melalui pesan tertulis kepada Kompas.com.

“Kalau di daerah jamaratnya ada genangan biasa saja. Karena memang deras, tapi tidak banjir seperti di video,” terangnya.(pin/kom)