The Lodge Foundation Perluas Pengembangan SDM di Labuan Bajo

oleh -
The Lodge
MENGAJAR : Seorang pengajar dari The Lodge Foundation memberikan kursus bahasa inggris kepada masyarakat Labuan Bajo di di Jalan Trans Flores, Desa Golo Bilas, Kabupaten Manggarai Barat. (ist)

RADARBANDUNG.co.id, BANDUNG – The Lodge Foundation memperluas upaya pengembangan sumber daya manusia (SDM) di Labuan Bajo, provinsi Nusa Tenggara Timur. Mereka fokus memberikan pelatihan hospitality industry dengan membuka kursus bahasa inggris gratis.

Pendiri The Lodge Foundation, Heni Smith menjelaskan bahwa Labuan Bajo merupakan daerah yang memiliki keindahan alam dan potensial untuk sektor pariwisata. Peluang itu pun harus bisa dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar agar bisa menikmati pesatnya perkembangan industri pariwisata.

Salah satu kunci untuk bisa memasuki industri tersebut adalah memiliki kemampuan dalam berbahasa asing agar bisa berkomunikasi dengan para wisatawan mancanegara. Itu pula lah yang mendasarinya membuka lembaga kursus Bahasa inggris.

“Kursus ini dibuka untuk seluruh kalangan dan gratis,” kata dia melalui siaran pers yang diterima, Kamis (8/8/2019).

Selain karena alamnya yang indah, ada alasan lain yang membuatnya ingin memperluas pelayanan di Labuan Bajo. Heni mengaku sudah jatuh cinta dengan keramahan warganya.

“Saya jatuh cinta terhadap keramahan warga di Labuan Bajo. Saya memiliki keyakinan jika masyarakat disini memiliki potensi kuat untuk mengembangkan pariwisata di Labuan Bajo jika ada orang yang mau peduli mendukung mereka dari sisi pendidikannya,” terang dia.

Sejauh ini, aktivitas pendidikan The Lodge Foundation di Labuan Bajo sudah dimulai sejak Juli lalu. Ada sekitar 300 orang murid yang dibagi dengan sistem kelas seperti sekolah pada umumnya.

Para murid diberikan jadwal tiga kali dalam seminggu setelah jam pulang sekolah. Tempat kursus didirikan di Jalan Trans Flores, Desa Golo Bilas, Kabupaten Manggarai Barat.

“Lokasi tempat kursusnya tepat di depan SDI Merombok. Kami melibatkan tenaga pengajar dari warga setempat melalui seleksi oleh lembaga pendidikan dari Bandung,” terang dia.

“Targetnya, saya sangat berharap dapat membantu meningkatkan keahlian berbahasa inggris warga dan tentunya memajukan bidang pariwisata di Labuan Bajo, Flores,” ucap Heni Smith.

The Lodge Foundation sendiri sebelumnya berperan aktif membantu warga di lingkungan sekitar The Lodge Maribaya di Kabupaten Bandung Barat sejak tiga tahun yang lalu. Sejak didirikan pada tahun 2016, mereka fokus terhadap bidang pendidikan, lingkungan hidup, dan seni budaya.

(azs)