Innalillahi… Ambulans Tabrak Empat Motor, Sembilan Terluka

oleh -

RADARBANDUNG.id, JEMBER– Sebuah kecelakaan beruntun terjadi di Jalan Raya Desa Gambirono, Kecamatan Bangsalsari, Senin (18/11) sekitar pukul 17.00. Peristiwa itu melibatkan ambulans yang mengangkut pasien dengan empat kendaraan bermotor.

Akibat kejadian tersebut, sekitar sembilan orang terluka hingga harus mendapat perawatan intensif di Rumah Sakit Daerah (RSD) Balung. Informasi di lapangan, ambulans berpelat nomor P 8036 SP yang disopiri Raup, 50, itu melaju dengan kecepatan tinggi dari arah barat.

Ambulans yang mengangkut seorang pasien demam berdarah dengue (DBD) dari Puskesmas Tanggul tersebut hendak dirujuk ke RSD dr Soebandi Jember. Selain seorang pasien, ambulans itu membawa tiga orang lainnya, termasuk perawat pendamping.

Menurut sejumlah saksi, ambulans tersebut sudah menyalakan sirene karena membawa pasien yang butuh penanganan segera. Tiba di lokasi kejadian, muncul empat sepeda motor yang saat itu berjalan beriringan dari arah berlawanan.

Selanjutnya, ambulans menyalip kendaraan lain yang melaju searah di depannya. Melihat ada ambulans, dua motor melaju ke kiri hingga terjadi senggolan. Akibat jarak yang sudah dekat, sopir ambulans tak bisa mengendalikan keadaan hingga menabrak empat motor tersebut.

Ambulans itu baru berhenti setelah menabrak motor dan pohon di kanan jalan. Warga yang melihat kemudian menolong korban dan membawanya ke klinik terdekat. Sementara itu, beberapa korban lainnya yang mengalami patah tulang dilarikan ke RSD Balung.

Kasatlantas Polres Jember AKP Edwin Nathanael membenarkan kejadian itu. Menurut dia, ada dua motor warga yang mengawal ambulans sebelum kejadian. Namun, pihaknya belum bisa memastikan apakah ada keterlibatan dua motor pengawal ambulans dalam kecelakaan itu. ”Kami masih minta keterangan saksi-saksi,” ujarnya.

Saat berita ini diturunkan, tercatat ada sembilan orang yang terluka. Dua orang dirawat di sebuah klinik, dan tujuh orang lainnya dirawat di RSD Balung. Kendaraan yang terlibat kecelakaan sudah diamankan polisi. ”Kami masih mengumpulkan keterangan saksi yang tahu betul kejadian itu,” ujar Edwin.

Akibat tabrakan tersebut, mobil ambulans juga mengalami ringsek dan pecah kaca di bagian depan. Karena selain menabrak empat motor, kendaraan pengangkut pasien itu membentur pohon. ”Ketujuh korban yang dilarikan ke RSD Balung masing-masing adalah Muhammad Syahroni, warga Desa Gambirono, Bangsalsari. Juga tercatat ada nama Atim, Ngatik, Halimah, Arwiyah, Mukminah, dan Siti Aminah,” pungkas Edwin.

Mustamir, petugas medis dari Puskesmas Tanggul yang berada di dalam ambulans saat peristiwa itu terjadi, mengatakan, ketika ambulans melaju dari arah barat dengan membawa pasien, tiba-tiba ada iring-iringan pengendara motor dari arah berlawanan. Saat itu, dia melihat sebuah motor yang dikendarai ibu-ibu terlihat bingung akan menepi. ”Tetapi, pengendara ini menyerempet temannya yang ada di depannya. Akhirnya, dari empat pengendara itu terjatuh ke arah kanan dan tertabrak ambulans,” ujarnya.(jp)