Gara-gara Virus Korona, Asia Disebut Sebagai Benua Penyakit

oleh -
Ilustrasi pemeriksaan virus Korona. (JawaPos.com)

RadarBandung.id – Virus Korona menjadi momok yang begitu menakutkan di semua negara di dunia dalam sebulan terakhir. Pasalnya, saat ini sudah 910 orang yang meninggal akibat virus yang berasal dari Wuhan, Tiongkok itu.

Merebaknya virus ini hingga ke seluruh pelosok bumi pun membuat Asia dipandang sebelah mata dan disebut benua penyakitan. “Epidemik ini hanya bukan ancaman kesehatan dan ekonomi, tapi juga yang menyedihkan sudah mulai banyak negara stereotipe yang disebut penyakit Asia. Sekarang bangsa Asia itu dianggap penyakitan,” ujar Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Tohir.

Baca Juga: Jadi Korban Upaya Dugaan penculikan, Penumpang Grab Car Trauma

Untuk menepis pandangan tersebut, ia meminta agar masyarakat Indonesia menjadi lebih awas lagi dalam menjaga kesehatan tubuh. Salah satunya yang dilakukan oleh Indonesia adalah dengan konsolidasi rumah sakit BUMN di mana perusahaan induknya akan diajak lebih peduli dengan kesahatan.

“Health security sangat penting dalam menanggulangi sebuah wabah atau penyakit, kita lakukan konsolidasi RS dan ada holding farmasi yang bisa jadi benteng atau pertahanan kita sebagai bangsa,” ungkapnya.

Erick juga pun mengajak kepada seluruh sektor BUMN, khususnya farmasi, alat kesehatan dan rumah sakit untuk meningkatkan kinerja dalam pencegahan penyakit epidemik.