Kapten Tim Persib Berpotensi Mengalami Rotasi

oleh -
Supardi Nasir

RADARBANDUNG.id, BANDUNG Posisi Supardi Nasir sebagai kapten tim Persib Bandung berpotensi digantikan oleh pemain lainnya. Potensi tersebut terlihat dari rotasi yang sering dilakukan pelatih Persib, Robert Rene Alberts, pada posisi kapten Persib dalam beberapa uji tanding terakhir yang dimainkan klub berjulukan Maung Bandung itu pada pramusim 2019.

Supardi sempat menjadi kapten Persib ketika Maung Bandung bersua Melaka United. Akan tetapi, dalam uji tanding berikutnya menghadapi Barito Putera, ban kapten Persib berpindah ke tangan Victor Igbonefo.

Pemain naturalisasi asal Nigeria itu ditunjuk juga sebagai kapten saat Persib bersua PSS Sleman dan Tira-Persikabo. Ditunjuknya Igbonefo sebagai kapten tak lepas dari tidak masuknya Supardi dalam starting eleven yang diturunkan dalam tiga laga tersebut.

Keseringan, Supardi masuk pada babak kedua. Robert tak menampik dirinya memang sengaja melakukan rotasi kapten Persib pada masa pramusim. Hal tersebut dilakukan untuk melihat potensi dari para pemain senior Persib dalam memimpin rekan-rekannya di lapangan.

“Karena ini adalah pramusim jadi bagus untuk merotasi, siapa yang layak menjadi pemimpin dan dihormati di tim. Jadi, pemain juga bisa lebih menunjukkan tanggung jawabnya. Bagus melihat Dedi, Victor, dan Supardi,” kata Robert di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), kemarin.

Robert mengungkapkan, sejauh ini dirinya belum mengambil keputusan terkait siapa yang akan menjadi kapten tim Persib pada musim ini. Menurut dia, sosok kapten Persib akan diketahui setelah rapat internal tim yang akan berlangsung pada Rabu (26/2/2020), atau sehari setelah launching tim Persib digelar. Persib memang berencana menggelar pertemuan internal yang wajib dihadiri pemain, pelatih, staf, dan manajemen tim. Pertemuan tersebut digelar untuk menyatukan visi dan misi menyoal target yang ingin dicapai Persib pada kompetisi musim ini.

“Itu akan segera diumumkan, tetapi yang utama adalah kami harus dulu melakukan pertemuan. Mungkin lusa karena besok ada latihan lebih dulu dan setelahnya launching tim. Setelahnya baru kami akan mengadakan pertemuan dan kami akan tahu pasti siapa yang menjadi kapten dan apa yang akan terjadi,” kata dia.

Persib sejatinya memiliki banyak kandidat pemain yang layak dijadikan kapten tim pada musim ini. Selain Supardi yang sudah sejak musim 2018 menjabat kapten Persib, beberapa nama seperti Igbonefo, Fabiano Beltrame, I Made Wirawan, hingga Dedi Kusnandar pun cukup layak menjadi kapten pasukan Maung Bandung.

Bahkan, pemain muda Abdul Aziz Lufti Akbar pun terbilang layak untuk dijadikan kapten Persib. Selain karena pemain asli binaan Persib, Aziz juga memiliki pengalaman menjadi kapten di tim PON Jabar pada 2016 lalu. Aziz juga pernah menjabat kapten pengganti Persib dalam uji tanding dengan Barito Putera. Kemudian, dia juga menjadi kapten tim Persib saat beruji tanding dengan PSCS Cilacap.

“Kami mempunyai beberapa pemain yang bisa menjadi kapten dan itu tergantung siapa yang akan bermain hari Minggu nanti, siapa yang akan menjadi starting eleven,” ucap Robert.

(pra)