PSS dan Bali United Libur Panjang, Persib Tetap Latihan

oleh -
persib bandung
Pelatih Robert Rere Alberts ketika memantau latihan Persib. (Antara)

RADARBANDUNG.id – PT LIB memang belum menambah durasi penundaan pertandingan Liga 1 2020. Sejauh ini, sesuai rencana awal, Liga 1 akan kembali bergulir pada 3 April. Namun, beberapa tim sudah berpikir penundaan bakal diperpanjang. Persebaran virus korona (Covid-19) yang semakin mengkhawatirkan jadi alasannya. Tercatat, ada dua tim yang memutuskan meliburkan skuad hingga akhir Maret. Yakni, Bali United dan PSS Sleman.

Bali United, jika sesuai jadwal, akan melakoni away panjang ke Aceh. Pada 4 April mendatang, mereka melawan Persiraja Banda Aceh. Meski belum ada pengumuman apa pun dari LIB terkait perpanjangan penundaan, Serdadu Tridatu sudah memutuskan meliburkan skuad dan baru berkumpul pada 1 April mendatang.

Baca Juga: Esteban Vizcarra Maklum Liga 1 2020 Disetop Sementara

Hal itu dibenarkan asisten pelatih Bali United Eko Purdjianto. Dia menyebut Fadil Sausu dkk memang diliburkan sementara. Dipulangkan ke keluarga masing-masing sebagai antisipasi virus korona yang sedang mewabah saat ini. ’’Rencananya awal April baru latihan lagi,’’ ucapnya singkat.

Langkah yang dilakukan Bali United juga diikuti PSS Sleman. Super Elang Jawa juga memutuskan meliburkan skuad hingga 10 hari ke depan. Artinya, Bagus Nirwanto dkk kembali berlatih pada 1 April mendatang.

Hal itu dikatakan Manajer PSS Danilo Fernando. Skuadnya diliburkan sebagai cara untuk mementingkan aspek kesehatan. Dengan meliburkan tim, dia yakin potensi penularan virus korona akan minim. ’’Kami juga akan tunggu keputusan dari PSSI lagi seperti apa terkait penundaan,’’ paparnya.

Sesuai jadwal, PSS seharusnya bertanding pada 3 April mendatang menjamu PSIS Semarang. Jika skuad baru berlatih pada 1 April, tentu persiapan sangat tidak maksimal karena mereka hanya punya waktu latihan dua hari jelang pertandingan.

Baca Juga: Liga 1 Ditunda, Persib Tetap Jalani Latihan untuk Lawan Persita

Public and Relation Manager LIB Hanif Marjuni menyatakan, sejauh ini LIB belum memutuskan apa pun terkait perpanjangan penundaan. Sampai saat ini, pihaknya masih berpatok pada waktu dua pekan penundaan yang sudah dikeluarkan PSSI. ’’Ini juga kan belum genap satu minggu. Jadi, kami belum bisa bilang apakah akan diperpanjang atau tidak,’’ jelasnya.

Nah, hal berbeda justru dilakukan Persib Bandung. Maung Bandung justru menggenjot skuad dengan latihan. Mereka tidak ingin capaian apik dalam tiga pertandingan awal Liga 1 jadi berubah karena memaksa meliburkan skuad gara-gara virus korona.

Hal itu diungkapkan pelatih Persib Robert Rene Alberts. Menurut dia, tidak latihan bukan pilihan bagus untuk skuadnya. Selain kondisi fisik akan menurun, pemahaman taktik tentu harus dipoles lagi ketika tidak ada latihan. ’’Kami juga masih berpatok pada Liga 1 berjalan pada awal April. Sesuai rencana. Belum dapat kabar terbaru,’’ terangnya.

(jpc/radarbandung)

 

Baca Juga: Persib Kebingungan Mencari Lapangan untuk Latihan