Perluas Ilmu dan Jaringan Melalui AWS Community Day

oleh -

RADARBANDUNG.id, BANDUNG – Kota Bandung dipilih menjadi lokasi pertama penyelenggaraan Amazon Web Service (AWS) Community Day di Indonesia. Acara ini membuka kesempatan bagi para peserta untuk menemukan ilmu serta memperluas jaringan di bidang teknologi informasi.

Event yang dihelat di BLOCK71 Bandung ini diikuti komunitas AWS dari kalangan developer, praktisi teknologi informasi (TI), hingga akademisi. Hadir pula sejumlah pengisi acara, yakni Senior Technical Evangelist AWS, Donnie Prakoso serta perwakilan sejumlah perusahaan e-commerce terkemuka, seperti Blibli, Happy Fresh, Gojek, dan Ralali.

Lead Community AWS, Farah Clarashinta menjelaskan bahwa event ini kerap digelar di berbagai kota di seluruh dunia. Kota Bandung dipilih menjadi tempat pertama di Indonesia karena dinilai memiliki sumber daya manusia potensial di industri teknologi informasi.

“AWS Community Day menghadirkan pengalaman belajar peer-to-peer, yang menyediakan tempat bagi pengembang untuk memperoleh wawasan tentang topik-topik terbaru, termasuk dalam hal pengembangan usaha atau membangun perusahaan IT,” kata dia usai acara.

“Mereka menampilkan diskusi teknis, lokakarya, dan praktik langsung yang dipimpin oleh pengguna AWS ahli dan para pelaku industri,” ia melanjutkan.

Bandung merupakan salah satu kota di Indonesia yang mengalami perkembangan signifikan di bidang teknologi informasi. Di sisi lain, acara ini juga menjadi menjadi ajang untuk mencari peluang kerja di industri teknologi informasi. Ini pula yang mendasari penyelenggaraan pertama dilakukan di kota berjuluk kota kembang ini.

Selain mencari peluang kerja, lanjut Marah, pihaknya juga berharap, peserta AWS Community Day mendapatkan pengetahuan baru dalam bidang development, termasuk menjalin jaringan baru dalam pengembangan bakat dan talentanya.

“Peluang kerja di industri TI ini sangat besar, apalagi industri TI di Indonesia saat ini berkembang pesat. Community Day ini baru pertama kali digelar di Indonesia. Kalau di Singapura, Thailand, Jepang, hingga Amerika Serikat, kegiatan ini sudah sering (digelar). Setelah di Bandung, kami akan menyasar kota lain,” terangnya.

“Dari penyelenggaraan AWS Community Day di negara lain, kita ingin para talent Bandung ini meniru semangat berkomunitas, semangat mencari koneksi baru, termasuk peluang-peluang baru,” tandasnya.

Sementara itu, Business Development BLOCK71 Bandung, Dilla Ibtida mengaku berkomitmen mendukung penuh acara komunitas seperti AWS Community Day. Terlebih, kegiatan ini baru pertama kali digelar di Indonesia.

Dilla berharap, lewat kolaborasi ini, pertumbuhan talent di Bandung berkembang pesat. “Kita tidak bisa berjalan sendiri-sendiri karena apapun upaya kita, kolaborasi itu kuncinya,” pungkasnya.

(fid)