RADARBANDUNG.id, CIMAHI – Para pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Kota Cimahi, didorong untuk terus mengembangkan usahanya. Terlebih, banyak produk UMKM di Cimahi yang memiliki potensi besar untuk terus berkembang. Sejauh ini, di Kota Cimahi ada beberapa produk yang telah disebar hingga ke luar negeri, seperti sabun susu, dan lainnya.
Dalam upaya mengembangkan usahanya tersebut, pelaku UMKM di Cimahi diberikan pengertian strategi pemasaran dengan metode Hipnoselling.
Koordinator Pendamping UMKM Jabar Juara Wilayah Cimahi, Roni Mulyana memaparkan, pertumbuhan UMKM Cimahi terbilang cukup besar di Jabar. Namun dalam pengembangannya masih menghadapi berbagai kendala seperti permodalan, pemasaran dan manajemen.
“Hipnoselling ialah metode atau strategi pemasaran yang menggunakan metode hipnosis untuk meningkatkan kemampuan menjual pelaku UMKM, menggunakan kekuatan alam bawah sadar agar konsumen tertarik membeli produknya,” ungkap Roni.
Metode ini, lanjut dia, adalah salah satu skil yang perlu dimiliki setiap pelaku UMKM agar penjualan produk unggulannya diminati konsumen. Dengan metode ini konsumen menjadi terbuka bahwa produk yang ditawarkan pelaku usaha ini sangat dibutuhkan.
“Skill ini diperlukan untuk modal bersaing dalam dunia bisnis yang semakin kompetitif seperti saat ini, metode ini juga menyadarkan konsumen bahwa produk itu merupakan kebutuhan pokok baginya,” kata dia.
Roni menambahkan, UMKM merupakan salah satu penggerak ekonomi kerakyatan yang ideal mengangkat kesejahteraan masyarakat. Namun saat ini tingkat pertumbuhannya masih sangat kecil karena itu Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Provinsi Jawa Barat membuat program Pendampingan UMKM Juara.
“Program UMKM Jabar Juara ini dilakukan dikota dan kabupaten seluruh Jawa barat, pendampingan dilakukan agar kemampuan penjualan para pelaku UMKM meningkat,” tandasnya.