D’Masiv Kenalkan Kembali Lagu yang Dipopulerkan Chrisye

oleh -
Grup Musik D'Masiv
ARANSEMEN ULANG : D’Masiv mengaransemen ulang lagu Karya Surya Tenggelam yang dipopulerkan almarhum Chrisye pada era 1970-an. (ist)

RADARBANDUNG.id – Dipopulerkan Chrisye pada era 1970-an, lagu Kala Sang Surya Tenggelam hadir lagi lewat D’Masiv. Grup musik yang diawaki Rian (vokal), Dwiki dan Nurul (gitar), Rayyi (bas), dan Wahyu (drum) ini menghadirkan single Kala Sang Surya Tenggelam. Ini merupakan proyek D’Masiv dibawah naungan label Musica Studios sebagai penghormatan untuk Guruh Soekarnoputra.

Tembang Kala Sang Surya Tenggelam dirilis pada tahun 1978 dalam album Sabda Alam. Lagu yang berisikan lirik penuh makna ini menceritakan tentang sepasang kekasih yang sedang kehilangan arah.

“Kali bagi kami lagu ini sakral. Lagu Kala Sang Surya Tenggelam merupakan salah satu lagu cinta terbaik yang ada di Indonesia,” kata Rian di Jakarta, Jum’at (20/03). Rian mengaku, saat rekaman matanya sempat berkaca-kaca. Pasalnya, lagu ini memiliki pesan pribadi yang membuatnta merinding dan terbawa suasana.

Baca Juga: Single ‘Hantu’ di Album Loyalis, Ajakan The Changcuters Melawan Rasa Takut

Ia menambahkan, ketika menyanyikan kembali lagu legendaris ini, D’Masiv merasa ada tanggung jawab untuk membawakan dengan benar dan dengan vokal yang penuh penjiwaan. Mereka ingin, lagu Kala Sang Surya Tenggelam yang indah tidak kehilangan ruhnya.

Di mata Rian dan teman-teman D’Masiv, Guruh Soekarnoputra merupakan sosok maestro dan legenda hidup musik Indonesia. Katanya, dia memiliki kontribusi yang sangat luar biasa bagi perkembangan musik tanah air.

“Karyanya mas Guruh bagus-bagus dan perlu dicontoh, sebab banyak karyanya yang tetap mempertahankan budaya Indonesia. Kami juga sempat bingung untuk memilih lagu yang akan dirilis kembali,” sambungnya.

Untuk mempertahankan kesyahduan lagu Kala Sang Surya Tenggelam, D’Masiv tidak banyak melakukan aransemen musik. Pasalnya, mereka ingin mengkombinasikan nuansa lagu versi asli dengan ciri khas D’Masiv tanpa menghilangkan esensi dari lagu ini.

Baca Juga: Senang Mendesain Pakaian, Wika Salim Tertarik Bergelut di Industri Fashion

Untuk video musik lagu Kala Sang Surya Tenggelam, D’Masiv mengusung konsep surelias dan mempercayakan semuanya pada sutradara Upie Guava. “Semoga lagu ini bisa menjadi penyambung mata rantai penikmat musik Indonesia. Mungkin yang tadinya enggak tahu lagu ini jadi tahu karena kami bawakan lagunya. Atau yang sudah tahu jadi semakin suka dan mendukung dengan download yang orisinil dan legal,” tandas Rian.

(fid/b)

Tentang Penulis: FES

Gambar Gravatar
Professional player, the news media team at Digital Radar Bandung, Jawa Pos group. ▪ Also part of the Team in Pojoksatu Bandung from Radar Bogor.