News

Hasil Riset, Mitra Gojek Apresiasi Gotong Royong Ekosistem Gojek

Radar Bandung - 02/10/2020, 22:25 WIB
Ali Yusuf
, Ali Yusuf
Diedit oleh Redaksi
Hasil Riset, Mitra Gojek Apresiasi Gotong Royong Ekosistem Gojek

“Hasil Riset LD FEB UI menyebutkan bahwa, mitra gojek mengapresiasi gotong royong yang terjadi pada ekosistem Gojek selama masa Pandemi Covid-19”

RADARBANDUNG.id – Pandemi COVID-19 dalam tiga bulan terakhir tak menyurutkan semangat gotong royong pekerja dalam ekosistem ekonomi digital.

Itu terlihat dari hasil survei terbaru Lembaga Demografi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (LD FEB UI) kepada 41.393 mitra pengemudi Gojek.

Survei mengungkapkan bahwa saat pandemi, baik perusahaan, pengemudi maupun konsumen yang ada dalam satu ekosistem saling membantu.

Survei menemukan mayoritas mitra pengemudi Gojek mendapatkan bantuan sosial dari pihak perusahaan Gojek (89%).

Selain itu mereka juga mendapatkan bantuan sosial dari konsumen (21%) dan dari sesama mitra (5%).

Mitra driver juga mendapat bantuan pemerintah bagi masyarakat yang terdampak Pandemi COVID-19.

Survei berjudul “Pengalaman Mitra Driver Gojek Selama Pandemi COVID-19” itu bertujuan menganalisis dampak tekanan ekonomi akibat pandemi terhadap pekerja informal.

Dan merupakan bagian dari riset LD FEB UI mengenai dampak sosial-ekonomi Gojek.

Mitra Gojek gotong royong saling membantu 

Wakil Kepala LD FEB UI, Dr. Paksi Walandouw, mengatakan hasil riset sangat menarik, mengingat pekerja dan ekosistem Gojek sangat terdampak pandemi dan PSBB.

Riset menunjukkan dalam kesusahan yang sedang melanda akibat pandemi, bagian dari ekosistem Gojek masih bergotong royong membantu.

Bantuan sosial yang mengalir dari Gojek kepada mitra, dari konsumen ke mitra, bahkan antar mitra.

“Semangat saling membantu ini yang kami lihat sebagai adanya sikap resiliensi, bahu-membahu membantu, sekaligus optimisme bahwa bencana bisa dilewati bersama,” katanya melalui siaran pers.

Temuan menarik lainnya, bantuan Gojek sebagai perusahaan membuat mitranya merasa terus mendapat dukungan pada masa sulit.

Pemberian bantuan mendapat respon positif mitra, dengan mayoritas mitra (84%) mengapresiasi bantuan sosial yang mereka terima dari Gojek. Sebagian besar mitra yang mendapat bantuan mengatakan merasakan manfaat (74%).

Menanggapi hasil survei LD FEB UI, Chief Corporate Affairs Gojek, Nila Marita menyebut sejak awal masa pandemi, pihaknya berupaya membantu mitra melalui masa sulit ini.

“Salah satu fokus utama Gojek untuk meringankan beban pengeluaran dan memastikan keamanan dan kesehatan mitra yang menjadi andalan masyarakat,” akunya.

“Kami mendesain program bantuan ini dengan seksama agar bisa dilakukan dengan skala luas, menjangkau sebanyak mungkin mitra sehingga dapat memberikan manfaat yang optimal,” akunya lagi.

Mitra dapat bantuan 

Mitra pengemudi Gojek memeroleh beberapa bantuan dari startup on-demand itu, dan tipe bantuan sosial yang paling banyak driver peroleh program sembako dan/atau voucher makan gratis (77%).

Sisanya bantuan posko aman (fasilitas cek suhu tubuh; pembagian paket kesehatan terdiri dari masker, hand sanitizer dan lainnya; penyemprotan desinfektan kendaraan).


Terkait Bandung Raya
STIE Ekuitas Bandung Buka Pendaftaran Mahasiswa Baru Gelombang II Tahun Ajaran 2025/2026
Bandung Raya
STIE Ekuitas Bandung Buka Pendaftaran Mahasiswa Baru Gelombang II Tahun Ajaran 2025/2026

RADARBANDUNG.id, BANDUNG- Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Ekuitas Bandung kembali membuka penerimaan mahasiswa baru untuk Gelombang II Tahun Ajaran 2025/2026. Pendaftaran resmi dimulai pada tanggal 5 Mei 2025 dan terbuka bagi lulusan SMA/SMK sederajat serta calon mahasiswa jenjang Magister. STIE Ekuitas merupakan perguruan tinggi yang berfokus pada pendidikan di bidang ekonomi, manajemen, keuangan, dan bisnis […]

Unjani Siapkan Kurikulum Berbasis AI, Cek Jalur Pendaftaran Barunya
Bandung Raya
Unjani Siapkan Kurikulum Berbasis AI, Cek Jalur Pendaftaran Barunya

Universitas Jenderal Ahmad Yani (Unjani) menyiapkan kurikulum berbasis AI dalam masa pendaftaran mahasiswa baru 2025-2026.

bank bjb Gelar Khitanan Massal, Wujud Kepedulian untuk Generasi Sehat dan Istimewa
Bandung Raya
bank bjb Gelar Khitanan Massal, Wujud Kepedulian untuk Generasi Sehat dan Istimewa

RADARBANDUNG.id, BANDUNG- Sebagai bentuk kepedulian sosial dan komitmen terhadap kesejahteraan masyarakat, bank bjb kembali menyelenggarakan khitanan massal di Kantor Pusat Menara bank bjb, pada Rabu 27 Mei 2025. Program yang merupakan bagian dari rangkaian Hari Ulang Tahun (HUT) bank bjb ke-64 ini menjadi bagian dari agenda tahunan Corporate Social Responsibility (CSR) bank bjb, yang tidak hanya fokus […]

Workshop: Strategi Go-Public & Holding Rumah Sakit di Jawa Barat
Bandung Raya
Workshop: Strategi Go-Public & Holding Rumah Sakit di Jawa Barat

RADARBANDUNG.id, BANDUNG- Bertempat di Menara bank bjb, Lantai 9, Bandung, telah diselenggarakan Workshop bertajuk “Strategi Go-Public & Holding Rumah Sakit di Jawa Barat” dengan tema “Menyatukan Rumah Sakit, Meningkatkan Kesehatan Negeri”. Acara ini dihadiri oleh Ketua Asosiasi Rumah Sakit Swasta Indonesia (ARSSI) Bandung Raya, dr. Tammy J. Siarif, SH., M.Kes, President Director PT Jasamedika Saranatama, […]

location_on Mendapatkan lokasi...
RadarBandung AI Radar Bandung Jelajahi fitur berita terbaru dengan AI
👋 Cobalah demo eksperimental yang menampilkan fitur AI terkini dari Radar Bandung.