Ditinggal Pergi, Tungku Masih Nyala, Rumah di Cimahi Dilalap Api

oleh -
Petugas Damkar saat berusaha mematikan api dalam peristiwa kebakaran di rumah di Cibeber, Cimahi Selatan,, Kamis (30/7/2020).

Ditinggal Pergi, Tungku Masih Nyala, Rumah di Cimahi Dilalap Api

RADARBANDUNG.id, CIMAHI – Satu rumah di Kelurahan Cibeber, Cimahi Selatan, ludes dilalap api, Kamis (30/7/2020) sekitar pukul 11.00 WIB.

Rumah yang diketahui milik Mulyana itu terbakar setengah bagiannya, namun berbagai barang berharga milik korban hangus terbakar.

Komandan Regu I Pemadam Kebakaran Kota Cimahi, Indrahadi mengatakan, kebakaran murni disebabkan kelalaian pemilik rumah, karena membiarkan api menyala di tungku saat pergi.

“Dari keterangan Mulyana, api berawal dari nyala tungku yang ditinggalkannya saat memasak air,” ungkap Indrahadi di lokasi.

Api kemudian merambat dan tak lama kemudian membesar. “Yang terbakar bagian rumah utama dan sebagian kamar. Itu juga bukan tempat tinggal utama pemilik,” katanya.

Baca Juga: Saat Nyalakan Water Heater Tabung Gas Meledak, Ruhimat Terpental dan Luka Bakar

Dalam upaya pemadaman api, Indra mengaku terkendala jauhnya jarak titik api dengan mobil pemadam yang tak bisa masuk lebih dekat ke lokasi kebakaran.

“Jalur utamanya memutar, kalau menarik selang agak sulit karena sangat panjang. Jadi harus menerobos kebun warga lainnya, meskipun tetap jauh tapi lebih dekat ke titik api, jadi tidak perlu memutar,” pungkasnya.

Baca Juga: Kebakaran Hutan di Bandung Utara Salah Satunya karena Puntung Rokok

Seorang saksi mata, Enih (45) warga setempat menjelaskan peristiwa kebakaran ini, sebelum datang petugas pemadam warga setempat melakukan pemadaman dengan alat seadanya.

“Jadi kita juga tidak tahu tiba-tiba api membesar. Setelah itu saya teriak kebakaran, terus warga berdatangan memadamkan api biar tidak kena ke rumah sebelah,” tuturnya.

(kro)