News

Menarche Semakin Dini, Perlu Situs tentang Edukasi Menstruasi

Radar Bandung - 13/11/2020, 16:41 WIB

Tim Redaksi
Menarche Semakin Dini, Perlu Situs tentang Edukasi Menstruasi

RADARBANDUNG.id – BEBERAPA penelitian mengungkapkan fakta terbaru mengenai usia menarche (menstruasi pertama kali) yang semakin dini dari zaman ke zaman. Menarche kini dialami oleh anak perempuan yang usianya cenderung lebih muda.

Jika sebelumnya, menarche dialami oleh remaja perempuan berumur 11-14 tahun, pada masa ini, di sebuah penelitian ditemukan bahwa anak perempuan sudah mengalami menstruasi pertama kali di umur 9-11 tahun.

Ahli Gizi Beta Sindiana menuturkan, salah satu faktor dari semakin dininya usia menarche adalah gaya hidup dan pola makan. Menurutnya, perkembangan tren gaya hidup sedentari dan pilihan makanan seperti restoran cepat saji, junk food (makanan tinggi kalori dan lemak namun rendah mikronutrien) juga menjadi faktor yang berhubungan dengan usia menarche yang lebih cepat.

“Terdapat korelasi antara frekuensi konsumsi junk food dengan usia menarche. Ditemukan bahwa anak perempuan yang mengkonsumsi junk food lebih dari dua kali seminggu lebih banyak mengalami menarche dini (kurang dari 12 tahun), jika dibandingkan dengan mengkonsumsi junk food maksimal dua kali per minggu,” katanya pada peluncuran virtual website Charm Girl’s Talk, Kamis (12/11/2020).

Beta juga menjelaskan, bahwa menarche dini memiliki dampak negatif pada anak. Menarche dini diteliti memiliki hubungan dengan meningkatnya risiko obesitas abdominal, kanker payudara, resistensi insulin, penyakit kardiovaskular, dan hipertensi.

Psikolog anak Devi Sani, M.Pd menjelaskan, masa pubertas, termasuk menarche di dalamnya memiliki banyak dampak psikis terutama pada anak yang baru pertama kali mengalami. Seperti perubahan fisik yang membingungkan, perubahan hormon yang menimbulkan banyak pertanyaan bagi anak.

Berdasarkan data Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia tahun 2019, 65 persen orang tua Indonesia tidak membicarakan tentang menstruasi ke anak, dan 45 persen orang tua Indonesia juga menganggap pembicaraan tentang menstruasi penting untuk dilakukan ke anak. Padahal, menstruasi memberikan beberapa perubahan dan dampak pada anak.

“Secara psikis, anak yang mengalami menstruasi pertama kali menjadi bingung harus bertanya ke siapa karena malu, dan cenderung tidak ingin membicarakannya pada siapapun, padahal banyak hal-hal penting yang perlu diketahui oleh anak yang berkaitan dengan menstruasi,” ujar Devi.

Menurut Devi, platform edukasi seperti Charm Girl’s Talk dapat menjadi opsi orangtua mengedukasi anak tentang menstruasi. Jika orangtua tidak bisa berbicara langsung kepada anak, orangtua bisa mengarahkan anak untuk mempelajari menstruasi sendiri dengan mengakses situs web seperti Charm Girl’s Talk.

“Orangtua suka kagok bicara tentang menstruasi ke anak. Ini bergantung dengan cara komunikasi dan pemilihan kata. Di Australia anak perempuan mendapat edukasi tentang menstruasi sejak prasekolah,” ujar Devi.

Bertepatan dengan Hari Kesehatan Nasional, PT Uni-Charm Indonesia meluncurkan situs web Charm Girl’s Talk yang berisi edukasi menstruasi untuk anak. Berdasarkan data lapangan Survei Demografi dan Kesehatan Reproduksi Remaja tahun 2017, ditemukan bahwa 1 dari 5 remaja putri Indonesia tidak mendapatkan informasi tentang menstruasi sebelum mereka mendapatkan menstruasi pertama.

“Charm memiliki tanggungjawab tidak hanya untuk inovasi dan pengembangan produk, tetapi juga tanggungjawab sosial untuk menjadi pionir dalam mengedukasi masalah menstruasi di Indonesia. Menstruasi merupakan komponen esensial dari kesehatan reproduksi, sehingga pendidikan tentang menstruasi sangat penting, apalagi saat ini menarche sudah dialami sejak usia dini,” kata President Director PT Uni-Charm Indonesia Tbk, Yuji Ishii.

Menurut Yuji, selama ini Charm selalu mengadakan edukasi menstruasi secara langsung dengan datang ke sekolah-sekolah. Namun, karena pandemi, kegiatan itu urung dilaksanakan tahun ini. Lewat situs web, edukasi tentang menstruasi tetap bisa dilakukan.

“Di website ini terdapat pilihan orangtua dan anak. Sehingga website ini bisa menjadi konten edukasi untuk orangtua yang ingin belajar, sehingga dapat mengajarkan tentang menstruasi untuk anaknya,” jelas Yuli. (fid)


Terkait Ekonomi Bisnis
ALDO Optimistis Jaga Kinerja Lewat Buyback Saham dan Strategi Operasional Baru
Ekonomi Bisnis
ALDO Optimistis Jaga Kinerja Lewat Buyback Saham dan Strategi Operasional Baru

RADARBANDUNG.id –  PT Alkindo Naratama Tbk (ALDO), emiten industri kertas dan bahan kimia terintegrasi, mengumumkan rencana pembelian kembali saham (buyback) senilai maksimal Rp10 miliar. Rencana buyback ini disampaikan bersamaan dengan penyampaian kinerja keuangan tahun buku 2024 dalam Paparan Publik (Public Expose) yang digelar secara hybrid di Kota Baru Parahyangan, Kabupaten Bandung Barat, Kamis (12/6). Direktur […]

Bank Mandiri Taspen Terbitkan Obligasi Rp3 Triliun, Targetkan Pertumbuhan 11,6 Persen
Ekonomi Bisnis
Bank Mandiri Taspen Terbitkan Obligasi Rp3 Triliun, Targetkan Pertumbuhan 11,6 Persen

RADARBANDUNG.ID, JAKARTA – Bank Mandiri Taspen (Bank Mantap) akan menerbitkan obligasi melalui skema Penawaran Umum Berkelanjutan (PUB) II, dengan target total dana sebesar Rp3 triliun. Inisiatif ini mencerminkan komitmen berkelanjutan Bank Mandiri Taspen dalam memperkuat portofolio kredit pensiun dan mendorong pemberdayaan ekonomi para pensiunan di Indonesia. Direktur Bisnis Bank Mandiri Taspen Maswar Purnama mengatakan, langkah […]

9.700 Pelajar Indonesia Raih Keterampilan Wirausaha Berkat Zurich Entrepreneurship Program
Ekonomi Bisnis
9.700 Pelajar Indonesia Raih Keterampilan Wirausaha Berkat Zurich Entrepreneurship Program

RADARBANDUNG.id – Zurich Indonesia bersama Z Zurich Foundation dan Prestasi Junior Indonesia resmi menuntaskan pelaksanaan tahun ketiga Zurich Entrepreneurship Program (ZEP) dengan capaian signifikan. Program pengembangan kewirausahaan, literasi keuangan, dan kesiapan kerja ini telah memberikan manfaat bagi lebih dari 9.700 siswa dari 50 SMA dan SMK yang tersebar di 14 kota/kabupaten di seluruh Indonesia, mendorong […]

Kurun 7 Tahun, IHG Rayakan 100 Pembukaan Hotel Voco
Ekonomi Bisnis
Kurun 7 Tahun, IHG Rayakan 100 Pembukaan Hotel Voco

Pertumbuhan tercepat, IHG catatkan rekor 100 pembukaan hotel voco dalam kurin waktu kurang 7 tahun.

location_on Mendapatkan lokasi...
RadarBandung AI Radar Bandung Jelajahi fitur berita terbaru dengan AI
👋 Cobalah demo eksperimental yang menampilkan fitur AI terkini dari Radar Bandung.