BPJS Kesehatan Bandung Ikut Pantau Gebyar Vaksinasi Ribuan Tenaga Kesehatan Jawa Barat

oleh -
BPJS Kesehatan Bandung Ikut Pantau Gebyar Vaksinasi Ribuan Tenaga Kesehatan Jawa Barat

RADARBANDUNG.id, BANDUNG – Kementerian Kesehatan RI bersama dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat menggelar vaksinasi Covid-19 secara masif bagi tenaga kesehatan (Nakes) secara serentak di Poltekkes Kemenkes Bandung dan 21 rumah sakit yang tersebar di Jawa Barat, Sabtu (30/1).

Sebanyak 2.300 tenaga kesehatan se-Jawa Barat mengikuti vaksinasi, 600 orang antaranya dipusatkan pada Poltekkes Bandung.

Plt Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kemenkes RI, Maxi Rein Rondonuwu mengatakan bahwa, percepatan vaksinasi ini secara bertahap mengingat secara nasional angka vaksinasi bagi tenaga kesehatan masih berkisar pada angka 38 persen.

Maxi mengungkapkan target vaksinasi massal bagi nakes ini pada Februari 2021.

“Upaya percepatan seperti ini yaitu gebyar vaksinasi massal. Ini akan diduplikasi pada sejumlah daerah untuk mengejar target vaksinasi seluruh nakes hingga akhir Februari 2021 selesai untuk dua dosis,” ungkap  Maxi.

“Target pak presiden 300 hari seluruh rakyat 181 juta lebih harus sudah vaksinasi. Setelah nakes, awal Maret 2021 sasarannya sudah ke pelayanan publik,” sambungnya.

Terkait pelaksanaan vaksinasi tersebut, BPJS Kesehatan turut andil melalui penyediaan aplikasi pendataan penerima vaksin Primary Care (P-Care) Vaksinasi.

Aplikasi tersebut petugas vaksin manfaatkan, mulai pendaftaran hingga pencetakan kartu vaksinasi.

Dijumpai saat pelaksanaan gebyar vaksinasi untuk tenaga kesehatan se-Jawa Barat, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Bandung, Mokhamad Cucu Zakaria turut memberikan perhatian untuk kesuksesan kegiatan.

“Saya bersama tim ikut memantau jalannya proses vaksinasi ini yang memanfaatkan aplikasi P-Care Vaksinasi dan sudah diimplementasikan pada sejumlah fasilitas kesehatan,” ungkap Cucu.

Adapun aplikasi P-Care Vaksinasi ini, Cucu menjelaskan, adalah bagian terintegrasi dari Sistem Satu Data Vaksinasi Covid-19 yang mendukung proses pencatatan dan pelaporan pelayanan vaksinasi pada fasilitas kesehatan.

Baca Juga:

Data hasil input P-Care Vaksinasi akan terintegrasi pada tabulasi dan dashboard Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN).

Cucu menuturkan bahwa vaksinasi tahap ini diprioritaskan bagi tenaga kesehatan yang bertugas di fasilitas kesehatan. Ini merupakan langkah perlindungan bagi mereka selaku garda terdepan bangsa dalam melawan pandemi Covid-19.

Meski sudah divaksinasi, Cucu berharap masyarakat tetap menjaga protokol kesehatan demi melindungi diri, keluarga, dan orang-orang sekitar.