RADARBANDUNG.id, BANDUNG – Sepanjang tahun 2020, Qoala Plus (platform digital milik perusahaan insurance technology Qoala) mengumpulkan pendapatan premi dengan total Rp 50 miliar. Perusahaan ini tumbuh menjadi jaringan asuransi dengan tenaga pemasar (mitra qoala plus) mencapai 10 ribu orang.
VP of Offline Business Qoala, Sugeng Purnomo menyebut Kota Bandung memberikan kontribusi positif terhadap kinerja bisnis meski beroperasi secara efektif di semester II tahun 2020, setelah sempat terhalang pandemi Covid-19 pada tahun 2020.
“Setelah resmi diluncurkan di Jakarta awal tahun lalu, Qoala Plus membuka kantor cabang operasional di Bandung pada Maret 2020. Namun, kantor tersebut tidak beroperasi lantaran diberlakukannya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk menekan penyebaran virus Covid-19 sampai bulan Juni 2020,” kata dia di Bandung.
“Tantangan terbesar saat itu yakni berdampaknya daya beli masyarakat untuk membeli asuransi akibat pandemi Covid-19. Meski begitu, dari Rp 50 miliar pendapatan premi yang dikumpulkan Qoala Plus tahun lalu, Bandung menyumbang Rp 4 miliar. Hal ini menarik, karena Qoala Plus,” ungkap Ipung.
Atas dasar itu, ia optimistis wilayah Bandung bisa mencatatkan peningkatan pendapatan premi sebesar Rp 12 miliar atau tiga kali lipat dari tahun 2020. Ipung juga berharap semakin banyak Mitra Qoala Plus yang bergabung.
“Khusus untuk Bandung, kami berharap Qoala Plus bisa memberikan akses seluas-luasnya terhadap produk asuransi bagi warga Jawa Barat. Bandung dikenal dengan karakteristik warganya yang kreatif. Di tengah tantangan pandemi ini, kami percaya kreativitas ini bisa membuat Mitra Qoala Plus tetap produktif,” tambah pria yang sudah 17 tahun berkecimpung di dunia jasa keuangan ini.
Regional Business Manager Qoala untuk Jawa Barat, Adi Firman Huda, juga yakin target yang dipatok untuk Bandung bisa tercapai. Pasalnya, sambung dia, Bandung memiliki potensi yang besar untuk pemasaran produk asuransi.
“Produk asuransi yang diminati di Bandung bersifat retail, diantaranya asuransi untuk kendaraan bermotor serta asuransi properti skala kecil dan menengah. Kunci untuk mendapat kepercayaan Mitra Qoala Plus dan customer di Bandung adalah pelayanan, proses klaim yang mudah, serta sistem keamanan data yang canggih,” pungkas Adi.