Pancaroba Tiba, BMKG Bandung: Waspadai Puting Beliung dan Angin Kencang

oleh -
Pancaroba Tiba, BMKG Bandung: Waspadai Puting Beliung dan Angin Kencang
Ilustrasi (Pixabay)

RADARBANDUNG.id, BANDUNG BMKG Bandung memprediksi Jawa Barat (Jabar) mulai memasuki musim pancaroba atau masa peralihan dari musim hujan ke musim kemarau pada Maret ini.

Masyarakat diingatkan untuk mewaspadai fenomena yang mungkin terjadi saat peralihan musim seperti puting beliung dan angin kencang.

“Pada bulan Maret ini Jawa Barat pada umumnya akan menuju awal musim peralihan dari hujan ke kemarau,” ungkap Prakirawan Cuaca BMKG Bandung, Yan Firdaus kepada JawaPos Radar Bandung, Minggu (7/3).

“Yang penting untuk diperhatikan saat awal musim peralihan adalah potensi bencana seperti puting beliung dan angin kencang, perlu diwaspadai,” tegasnya.

Yan melanjutkan, saat musim peralihan, kejadian hujan akan cenderung dinamis sehingga perubahan cuaca pun akan terjadi relatif cepat. Untuk masa musim peralihan sendiri diprediksi terjadi sepanjang Maret hingga April.

Puncak musim hujan untuk wilayah Jawa Barat, kata Yan, secara umum terpantau telah berakhir Februari lalu. Kendati demikian, hujan berpotensi masih turun meski dengan intensitas yang berangsur berkurang daripada sebelumnya.

“Puncak musim hujan adalah waktu ketika curah hujan tinggi terjadi, bahkan disertai dengan peningkatan resiko bencana hidrometeorologis. Setelah puncak musim hujan terlewati, maka kejadian hujan dengan intensitas tinggi berangsur berkurang baik dari segi frekuensi, volume dan temporal,” jelasnya.

Baca Juga: