RADARBANDUNG.id, BANDUNG – PT Pos Indonesia (Persero) menambah jam operasional layanan. Penambahan jam layanan di kantor pos ini dengan tetap membuka layanan pada Sabtu dan Minggu atau saat hari libur tahunan.
Upaya yang Pos Indonesia lakukan ini untuk menggarap market bisnis kurir dan logistik.
Hari sabtu dan minggu atau tanggal merah kantor pos tetap buka
Penambahan jam operasional PT Pos Indonesia mulai berlaku awal Juni 2021 pada semua Kantor Pos di seluruh Indonesia, di mana operasional Kantor Pos akan buka selama 24 jam tanpa libur.
“Mulai Juni ini, kami buka selama 7 hari seminggu, 24 jam sehari. Tidak ada hari libur, baik untuk Sabtu dan Minggu, atau tanggal merah,” ujar Direktur Bisnis dan Logistik PT Pos Indonesia (Persero) Siti Choiriana, Sabtu (5/6).
Menurut Siti, penambahan jam operasional kantor pos merupakan komitmen BUMN dalam meningkatan layanan kepada masyarakat. Pihaknya memastikan, layanan Pos khususnya kurir dan logistik tetap prima saat hari libur.
Saat ini, Pos Indonesia memiliki titik jaringan yang tersebar luas hingga pelosok negeri dengan lebih dari 4 ribu kantor pos dan 28 ribu Agen pos seluruh wilayah Indonesia.
Siti menerangkan, untuk cakupan perkotaan, Pos Indonesia telah memiliki O-Ranger untuk melayani kiriman jemput bola secara cepat.
Perdagangan E-commerce
Siti mengungkapkan, saat perdagangan e-commerce tumbuh pesat, seiring banyaknya platform jual beli online. Transaksi e-commerce terjadi tanpa ada batasan waktu.
Dengan adanya tren tersebut, penyedia jasa logistik dan kurir menjadi ujung tombak kelancaran ekosistem digital ini.
“Kami menyadari bahwa kirim barang sangat meningkat justru pada Sabtu dan Minggu. Karena kami pahami kebutuhan kiriman ini sangat besar, termasuk adanya tuntutan masyarakat ini,” jelasnya.
Baca Juga: Catat, Besok Pos Indonesia Gelar Program Gratis Ongkir di Seluruh Indonesia
Pada ekosistem e-commerce, penjual dan konsumen sama-sama menginginkan adanya pelayanan secara cepat, tak terputus libur panjang.
Optimalisasi ini yang menjadi fokus Pos Indonesia, agar kiriman barang dari penjual ke pembeli cepat sampai ke tujuan.
Ia juga berharap, dengan memaksimalkan layanan kurir dan logistik, Pos Indonesia dapat meningkatkan revenue perusahaan. Di sisi lain, bisnis jasa keuangan juga terus digenjot Pos Indonesia, agar profit perusahaan terus meningkat.
(fid)