News

Satu Dekade SaSadu, Jembatani Masyarakat dengan Pemerintah

Radar Bandung - 23/11/2021, 14:23 WIB
Ali Yusuf
Ali Yusuf
Tim Redaksi
Satu Dekade SaSadu, Jembatani Masyarakat dengan Pemerintah
Ketua SaSadu, Rosep Nugraha (kiri) saat menyerahkan piagam ucapan terima kasih kepada Radar Bandung selaku media Partner saat acara perayaan hari jadi SaSadu yang kesepuluh tahun di Arjasari, Minggu (21/11). FOTO: FIKRIYA ZULFAH/RADAR BANDUNG

RADARBANDUNG.id, ARJASARI- Sepuluh tahun berdiri, SaSadu mampu menjadi jembatan yang menyampaikan permasalahan masyarakat kepada pemerintah.

Sehingga, permasalahan yang muncul di tengah-tengah masyarakat dapat diselesaikan dengan cepat.

Tak sampai di situ, SaSadu juga memberikan edukasi tentang internet sehat kepada anggota dan masyarakat.

Wakil Ketua SaSadu, Asep Nur Saepudin mengatakan, SaSadu merupakan wadah aspirasi masyarakat khususnya yang tinggal di Jawa Barat.

Jadi selama satu dekade, lanjut Asep, SaSadu telah menjadi sarana yang menjembatani keluhan masyarakat dengan instansi pemerintah terkait.

Misalnya, keluhan yang berkaitan dengan kerusakan jalan, pelayanan PDAM, PLN dan lainnya. Kata Asep, instansi terkait melakukan respons cepat atas keluhan yang masyarakat sampaikan.

“Silakan saja masyarakat yang ingin melapor tentang keluhan bisa bergabung ke grup facebook. Kemudian kita tindaklanjuti dengan menyampaikannya kepada dinas terkait untuk segera diselesaikan dan diperbaiki,” ujar Asep saat wawancara disela-sela Acara Perayaan Hari Jadi SaSadu yang kesepuluh tahun di Arjasari, Minggu (21/11).

Manfaatkan Sosial Media dan Grup

SaSadu sendiri lebih banyak menggunakan sosial media dan grup pesan singkat untuk berkoordinasi dengan anggotanya. Saat ini pada media sosialnya, sudah ada lebih dari sepuluh ribu anggota.

Kepada anggota, netizen dan masyarakat, pihaknya menekankan pentingnya internet sehat.

“Yang namanya mengasuh netizen kan berbeda-beda dari segi watak dan segala macam. Kita ingin menerapkan internet sehat kepada seluruh netizen, literasi yang baik kemudian memberantas hoax,” tutur Asep.

Saat mendapatkan informasi atau keluhan dari masyarakat, SaSadu selalu mengedepankan konfirmasi dan validasi. Jadi, tidak serta merta informasi dari masyarakat langsung diupload ke media sosial.

“Kita tidak terima begitu saja, kalau ada berita kita konfirmasi dulu, teliti dulu kebenarannya, dari sumbernya, sumbernya dari mana, bisa dipercaya atau tidak,” ungkap Asep.

Kode Etik

Dalam kegiatannya khususnya di media sosial, SaSadu mempunyai kode etik, seperti tidak boleh membahas sara, sensitif, politik dan lainnya.

Selain itu, para anggota tidak boleh memberikan komentar yang menggunjing, membully dan lainnya. Apabila ada anggota yang melanggar aturan kode etik tersebut, maka akan dikeluarkan dari grup SaSadu.

“Jadi di kolom komentar kita harus santun. Kita didik netizen berinternet sehat, dalam artian boleh mengkritik tapi harus beretika,” jelas Asep.

Pada momentum sepuluh tahun berdiri, Asep berharap bisa lebih maju dan memiliki cakupan yang lebih luas, tidak hanya di Jawa Barat tapi juga bisa menyasar masyarakat nasional hingga internasional.

(fik/radarbandung)


Terkait Bandung Raya
STIE Ekuitas Bandung Buka Pendaftaran Mahasiswa Baru Gelombang II Tahun Ajaran 2025/2026
Bandung Raya
STIE Ekuitas Bandung Buka Pendaftaran Mahasiswa Baru Gelombang II Tahun Ajaran 2025/2026

RADARBANDUNG.id, BANDUNG- Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Ekuitas Bandung kembali membuka penerimaan mahasiswa baru untuk Gelombang II Tahun Ajaran 2025/2026. Pendaftaran resmi dimulai pada tanggal 5 Mei 2025 dan terbuka bagi lulusan SMA/SMK sederajat serta calon mahasiswa jenjang Magister. STIE Ekuitas merupakan perguruan tinggi yang berfokus pada pendidikan di bidang ekonomi, manajemen, keuangan, dan bisnis […]

Unjani Siapkan Kurikulum Berbasis AI, Cek Jalur Pendaftaran Barunya
Bandung Raya
Unjani Siapkan Kurikulum Berbasis AI, Cek Jalur Pendaftaran Barunya

Universitas Jenderal Ahmad Yani (Unjani) menyiapkan kurikulum berbasis AI dalam masa pendaftaran mahasiswa baru 2025-2026.

bank bjb Gelar Khitanan Massal, Wujud Kepedulian untuk Generasi Sehat dan Istimewa
Bandung Raya
bank bjb Gelar Khitanan Massal, Wujud Kepedulian untuk Generasi Sehat dan Istimewa

RADARBANDUNG.id, BANDUNG- Sebagai bentuk kepedulian sosial dan komitmen terhadap kesejahteraan masyarakat, bank bjb kembali menyelenggarakan khitanan massal di Kantor Pusat Menara bank bjb, pada Rabu 27 Mei 2025. Program yang merupakan bagian dari rangkaian Hari Ulang Tahun (HUT) bank bjb ke-64 ini menjadi bagian dari agenda tahunan Corporate Social Responsibility (CSR) bank bjb, yang tidak hanya fokus […]

Workshop: Strategi Go-Public & Holding Rumah Sakit di Jawa Barat
Bandung Raya
Workshop: Strategi Go-Public & Holding Rumah Sakit di Jawa Barat

RADARBANDUNG.id, BANDUNG- Bertempat di Menara bank bjb, Lantai 9, Bandung, telah diselenggarakan Workshop bertajuk “Strategi Go-Public & Holding Rumah Sakit di Jawa Barat” dengan tema “Menyatukan Rumah Sakit, Meningkatkan Kesehatan Negeri”. Acara ini dihadiri oleh Ketua Asosiasi Rumah Sakit Swasta Indonesia (ARSSI) Bandung Raya, dr. Tammy J. Siarif, SH., M.Kes, President Director PT Jasamedika Saranatama, […]

location_on Mendapatkan lokasi...
RadarBandung AI Radar Bandung Jelajahi fitur berita terbaru dengan AI
👋 Cobalah demo eksperimental yang menampilkan fitur AI terkini dari Radar Bandung.