News

Wujudkan Kolaborasi UKM Sukabumi, JNE Hadirkan Goll..Aborasi Bisnis Online 2022

Radar Bandung - 04/04/2022, 13:54 WIB
AR Hidayat
AR Hidayat
Tim Redaksi
Wujudkan Kolaborasi UKM Sukabumi, JNE Hadirkan Goll..Aborasi Bisnis Online 2022

RADARBANDUNG.id, BANDUNG – Pandemi telah mentransformasi lebih dari 17,5 juta UKM di Indonesia untuk mengenal kanal digital, memanfaatkan berbagai lini media sosial sebagai sarana pemasaran.

Tak terkecuali pegiat UKM Sukabumi yang berupaya menghasilkan terobosan baru melalui kolaborasi. Tidak hanya melibatkan UKM saja, kolaborasi yang dilakukan UKM Sukabumi juga melibatkan sektor ekspedisi.

Misalnya JNE Express yang pada kesempatan ini menggelar acara JNE Ngajak Online 2022, Goll..Aborasi Bisnis Online Kota Sukabumi. Perhelatan ini mengumpulkan lebih dari 180 UKM Sukabumi dengan tiga narasumber, diantaranya Tri Hery, selaku Branch Manager JNE Sukabumi, Endah Dwianti selaku Owner GDM Natural Beauty dan Risna Purnamasari sebagai Owner Alsyahra.

Tri Hery selaku Branch Manager JNE Sukabumi membuka gelaran ini, berharap UKM di Indonesia khususnya Sukabumi mampu berkembang dan bersaing di dunia digital, baik di skala nasional maupun global.

“Tren pengiriman di era ini kembali meningkat, tentunya karena peranan para online shop. Maka kami harap bisa ada kolaborasi antara JNE dengan UKM atau seller,” ujar Tri Hery pada JNE Goll..Aborasi Bisnis Online, Jum’at (1/4/22).

Hal ini sejalan dengan upaya Endah Dwianti, yang telah menggeluti sektor kecantikan. Bagi Endah, salah satu tantangan menggeluti bisnis di kanal digital adalah menggaet pasar atau market baru.

“Sebagai seorang pebisnis skincare tentunya ada banyak kendala dalam menjalankan aktivitas secara online. Banyak sekali upgrade yang perlu dipelajari untuk mencari market baru, seperti melalui Instagram Ads dan Facebook Ads,” terangnya.

Endah juga menyinggung soal TikTok Shop, fitur layanan media sosial TikTok yang saat ini sedang ramai digandrungi para pegiat usaha. Ide brilian menggabungkan e-commerce dalam sosial media ini menarik bagi banyak pemain industri.

Meski terlihat menjamin, hal ini memberikan tantangan bagi para UKM termasuk Endah yang merupakan generasi millennial untuk mampu memaksimalkan fitur-fitur yang ada. Menjawab persoalan tersebut, hadir Risna Purnamasari selaku Owner Alsyahra, merek fesyen mulimah Syar’i asal Sukabumi.

Meski berasal dari industri yang berbeda, tantangan yang dihadapi Risna tak jauh berbeda dengan Endah, yaitu meningkatkan traffic media sosial melalui fitur-fitur yang ada, yang salah satu jalan keluarnya adalah melalui kolaborasi.

“Kita biasa berkolaborasi dengan JNE atau kolaborasi dengan kajian-kajian di Sukabumi, lakukan hal ini secara konsisten untuk meningkatkan penjualan dan branding,” ujar Risna.

Kolaborasi dikenal sebagai salah satu trik membangun usaha yang moncer, selain menguntungkan kedua belah pihak, kolaborasi juga mampu menghasilkan ide-ide baru yang dapat diterapkan di masa mendatang.

“Inilah pentingnya memasuki komunitas online, implikasinya bisa berbagai macam, seperti bekerjasama di media sosial seperti di TikTok, yang saat ini sedang naik daun,” ulas Risna.

Sebagai mitra UKM Cilacap, Tri Hery selaku Branch Manager JNE Sukabumi menyatakan

“Mudah-mudahan dengan acara ini JNE juga bisa berkolaborasi dengan berbagai stakeholder untuk meningkatkan perekonomian masyarakat. Tidak lupa apabila teman-teman ada yang ingin dikolaborasikan dengan JNE, apapun itu kebutuhannya, kami sangat terbuka,” tutupnya.

(ymi)


Terkait Ekonomi Bisnis
ALDO Optimistis Jaga Kinerja Lewat Buyback Saham dan Strategi Operasional Baru
Ekonomi Bisnis
ALDO Optimistis Jaga Kinerja Lewat Buyback Saham dan Strategi Operasional Baru

RADARBANDUNG.id –  PT Alkindo Naratama Tbk (ALDO), emiten industri kertas dan bahan kimia terintegrasi, mengumumkan rencana pembelian kembali saham (buyback) senilai maksimal Rp10 miliar. Rencana buyback ini disampaikan bersamaan dengan penyampaian kinerja keuangan tahun buku 2024 dalam Paparan Publik (Public Expose) yang digelar secara hybrid di Kota Baru Parahyangan, Kabupaten Bandung Barat, Kamis (12/6). Direktur […]

Bank Mandiri Taspen Terbitkan Obligasi Rp3 Triliun, Targetkan Pertumbuhan 11,6 Persen
Ekonomi Bisnis
Bank Mandiri Taspen Terbitkan Obligasi Rp3 Triliun, Targetkan Pertumbuhan 11,6 Persen

RADARBANDUNG.ID, JAKARTA – Bank Mandiri Taspen (Bank Mantap) akan menerbitkan obligasi melalui skema Penawaran Umum Berkelanjutan (PUB) II, dengan target total dana sebesar Rp3 triliun. Inisiatif ini mencerminkan komitmen berkelanjutan Bank Mandiri Taspen dalam memperkuat portofolio kredit pensiun dan mendorong pemberdayaan ekonomi para pensiunan di Indonesia. Direktur Bisnis Bank Mandiri Taspen Maswar Purnama mengatakan, langkah […]

9.700 Pelajar Indonesia Raih Keterampilan Wirausaha Berkat Zurich Entrepreneurship Program
Ekonomi Bisnis
9.700 Pelajar Indonesia Raih Keterampilan Wirausaha Berkat Zurich Entrepreneurship Program

RADARBANDUNG.id – Zurich Indonesia bersama Z Zurich Foundation dan Prestasi Junior Indonesia resmi menuntaskan pelaksanaan tahun ketiga Zurich Entrepreneurship Program (ZEP) dengan capaian signifikan. Program pengembangan kewirausahaan, literasi keuangan, dan kesiapan kerja ini telah memberikan manfaat bagi lebih dari 9.700 siswa dari 50 SMA dan SMK yang tersebar di 14 kota/kabupaten di seluruh Indonesia, mendorong […]

Kurun 7 Tahun, IHG Rayakan 100 Pembukaan Hotel Voco
Ekonomi Bisnis
Kurun 7 Tahun, IHG Rayakan 100 Pembukaan Hotel Voco

Pertumbuhan tercepat, IHG catatkan rekor 100 pembukaan hotel voco dalam kurin waktu kurang 7 tahun.

location_on Mendapatkan lokasi...
RadarBandung AI Radar Bandung Jelajahi fitur berita terbaru dengan AI
👋 Cobalah demo eksperimental yang menampilkan fitur AI terkini dari Radar Bandung.