RADARBANDUNG.id, BANDUNG- Selama libur lebaran 2023, Perumda Tirtawening Kota Bandung siap melayani pelanggan dengan prima. Hal itu disampaikan Direktur Utama (Dirut) Perumda Tirtawening Kota Bandung, Sonny Salimi.
“Karena cuaca di Kota Bandung sekarang kondisinya masih kemarau basah, jadi masih ada hujan sehingga cadangan air baku masih cukup dan bendungan dan danau di selatan masih maksimal. Sehingga, dipastikan kami bisa memberikan pelayanan dengan baik,” ujar Sonny.
“Kami akan memenuhi kebutuhan pelanggan selama libur lebaran, karena sumber air baku yang bisa diolah tersedia, sehingga kami bisa memproduksi air seperti biasanya,” jelas Sonny.
Terkait hari lebaran, Sonny menambahkan pihaknya tetap menjadwalkan atau menugaskan sebagian karyawan untuk piket lebaran. Dengan tujuan, jika ada kejadian yang sifatnya kebencanaan yang bisa mengganggu pelayanan air minum bisa tertanggulangi dengan cepat.
“Kami tetap menyiagakankan 14 unit mobil tanki yang siap 24 jam untuk mendistrubusikan air, jika terjadi kondisi force majeure (keadaan luar biasa),” tuturnya.
Jika warga menemukan kendala dalam mengakses air bersih, Sonny mengatakan bisa menghubungi sosial media resmi Perumda Tirtawening. Atau jika dalam 1×24 jam belum mendapatkan respons, Sonny mengatakan bisa langsung menghubungi petugas, dengan nomor telepon yang ditertera di bawah.
“Sehingga, selama lebaran, masyarakat tidak usah khawatir karena aliran air tetap aman,” tegasnya.
Disimggung mengenai prediksi penggunaan air bersih selama libur lebaran, Sonny mengatakan agak sulit untuk memprediksinya. Pasalnya, pihaknya belum mendapatkan data akurat, berapa jumlah warga yang masuk dan keluar Kota Bandung.
“Kalau jumlah yang keluar lebih banyak daripada yang datang insya Allah semua bisa dilayani. Tapi kalau kondisi dibalik, maka perlu penanganan yang lebih baik. Tapi kami akan pantau terus bagaimana perkembangannya. Sehingga bisa mengambil langkah, jika ada lonjakan permintaan air,” bebernya.
Meski demikian, sambung Sonny, berkaca dari tahun-tahun sebelumnya, pada libur lebaran yang lebih banyak mengonsumsi air bersih adalah sektor niaga dan restoran. Karena yang rumah tangga pada mudik. Indikatornya lebaran ini tekanan air di rumah-rumah yang paling ujung dalam kondisi baik.
“Walaupun tidak mengalir 24 jam mengalir dengan baik,” tambahnya.
Kepada pelanggan yang akan mudik dalam waktu yang lama, Sonny mengimbau agar tidak terjadi sengketa terkait dengan kubikasi yang tercatat atau pemakaian. Karena biasanya masyarakat merasa mudik dan tidak menggunakan air, tapi bayar masih full. Karena biasanya mereka tidak mematikan kran.
“Sehingga selain sambungan listrik, gas, dan cek sambungan air minum, matikan kran agar air tidak mengalir ke bak penampungan,” pungkasnya.
Adapun nomor layanan pelanggan Perumda Tirtawening Kota Bandung yang dapat dihubungi, sebagai berikut:
- Pelayanan Wilayah 1 : 082120346750
- Pelayanan Wilayah 2 : 082120346749
- Pelayanan Wilayah 3 : 082120346748
- Pelayanan Wilayah 4 : 082120346747
- Pelayanan Wilayah 5 : 082120346745
- Pelayanan Wilayah 6 : 081901068619
- Tangki air Minum : 022 – 2507993 dan Tangki air Limbah : 087779726506
- WA Call Center : 081222236672
Untuk media sosial yang dapat di hubungi, sebagai berikut :
- Twitter : @tirtawening_bdg
- Facebook : Perumda Tirtawening Kota Bandung
- Instagram : perumda_tirtawening
- Email : bdg@perumdatirtawening.co.id
(mur)