RADARBANDUNG.id, BANDUNG – Pada akhir kuartal I 2023, PT Bank Danamon Indonesia Tbk (Danamon) mengadakan penelitian bekerja sama dengan Jakpat.
Penelitian ini dilakukan khusus untuk mengetahui lebih dalam pada minat dan pilihan masyarakat terhadap program undian berhadiah yang diadakan oleh perbankan di Indonesia.
Penelitian yang bertemakan “Program Undian Berhadiah Perbankan” ini dilaksanakan kepada lebih dari seribu responden di hampir seluruh daerah di Indonesia diantaranya Sumatera Utara, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, DKI Jakarta, Jawa Barat, DI Yogyakarta, Jawa Timur hingga Bali Kalimantan, Sulawesi dan Maluku.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut, Danamon dan Jakpat mendapatkan beberapa temuan menarik mengenai ketertarikan masyarakat Indonesia pada pilihan program undian berhadiah yang diadakan oleh perbankan di Indonesia.
“Secara keseluruhan, para responden memberikan nilai ketertarikan terhadap program undian berhadiah dengan rata-rata nilai sebesar 3,83 dari 5,” ucap Ivan Jaya, Consumer Funding Business Head, PT Bank Danamon Indonesia Tbk.
Menurutnya, ada beberapa penjelasan dari beberapa hasil temuan penelitian yaitu, wilayah tempat tinggal responden menjadi salah satu penentu ketertarikan responden untuk mengikuti program undian berhadiah, seperti, responden lebih menyukai bentuk hadiah bernilai besar seperti mobil, emas, ataupun voucher belanja di wilayah Sumatera, DI Yogyakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Kalimantan, Sulawesi, dan Maluku. Responden juga cenderung memilih program undian berhadiah yang dilakukan setiap tiga bulan sekali sehingga peluang menang mereka lebih besar.
“Kemudian 82% responden penelitian menyatakan telah mengetahui dan terbiasa dengan program undian berhadiah dari perbankan. Sementara, 18% dari responden yang telah mengetahui dan terbiasa dengan program undian berhadiah dari perbankan, menyatakan sudah familiar dengan program undian berhadiah bank ketika mereka membuka rekening tabungan,” paparnya.
Berdasarkan domisili, masyarakat yang memiliki tingkat familiar tinggi terhadap program undian berhadiah perbankan ialah Kalimantan, Sulawesi, dan Maluku, mencapai 93% responden. Selanjutnya diikuti Banten dan Jawa Barat, yakni 78% responden, serta DKI Jakarta dan sekitarnya yakni 73% responden.
“64% responden mengaku alasan utama menyukai program undian berhadiah adalah untuk mencoba keberuntungan mendapatkan hadiah yang ditawarkan. Sedangkan 38% responden menyatakan menyukai program undian karena rasa penasaran dan keseruan yang ditawarkan dari program,” jelasnya.