RADARBANDUNG,id, BANDUNG – Summarecon Mall Bandung (Summaba) resmi dibuka untuk umum. Keberadaan dari proyek dengan nilai investasi Rp 700 miliar itu diharapkan bisa berdampak pada pertumbuhan ekonomi di Jawa Barat, khususnya kawasan Bandung Raya.
Mall tersebut menjadi fasilitas komersial sekaligus sebagai destinasi belanja dan hiburan yang terletak di kawasan terpadu Summarecon Bandung, Jalan Gede Bage. Summaba dibangun diatas lahan seluas 10 hektar dengan luas area penyewaaan mencapai ±46.000 m2.
Mengusung konsep family mall, di dalamnya dilengkapi beragam produk unggulan mulai dari fashion, food & beverages, experience, lifestyle, entertainment, services dan berbagai produk lainnya. Desain bangunan lebih mengutamakan keseimbangan area terbuka dan tertutup.
Adrianto P. Adhi, President Director PT Summarecon Agung Tbk mengatakan pembangunan mall ini adalah komitmen untuk membuat satu kawasan yang terintegrasi. Fasilitas tersebut sangat terbuka bagi masyarakat umum, tak hanya khusus Bandung Raya, namun daerah lain, seperti Jakarta.
Mall ini dapat dijangkau publik dengan mudah melalui berbagai akses, diantaranya akses tol Gedebage KM 149 Padaleunyi. Selain itu tersedia pula shuttle bus SUMMABA dari dan menuju stasiun akhir Kereta Cepat Jakarta Bandung di Tegalluar, Gedebage.
“Kita sudah melewati Pandemi Covid. Bisnis retail waktu itu terpuruk, sekarang recover. Apindo memprediksi pertumbuhan industri ritel tumbuh 4 persen. Kami oprtimis. Partner bisnis atau retailer optimistis juga,” kata dia dalam peresmian Summaba, Kamis (18/1).
“Kita mau membuka saat kondisi bisnis yang kondusif. Nilai investasinya Rp 700 miliar. (Proyeksi) kontribusi Summaba di angka 8 -10 persen. Kami berharap keberadaannya juga memberikan dampak pertumbuhan ekonomi terhadap Kota Bandung, khususnya wilayah Bandung Timur, diantaranya dengan menyerap tenaga kerja lokal serta menggerakan industri ritel dan mendukung industri kreatif di Kota Bandung,” jelas dia.
Summaba hadir dengan berbagai fitur untuk pengunjung. Di antarayan, The Downtown Walk, sebagai destinasi wisata kuliner dengan konsep Alfresco Dining dalam suasana outdoor Bandung yang sejuk dan nyaman, diiringi hiburan live music setiap harinya.
Berbagai nama Lobby dan Atrium dengan ciri khas “Bandung Pisan” dipilih untuk lebih mendekatkan diri dengan kearifan khas Kota Bandung seperti Lobby Caang, Lobby Alus, Lobby Ageung, Atrium Ciunik, Atrium Cileutik, Atrium Cibadak, Pintu Geulis dan Pintu Bageur.
Juni Hadi Hasan, Center Head Summarecon Mall Bandung menambahkan fitur baru di Summaba yaitu Sawarga Courtyard, berupa ruang terbuka hijau yang terletak di tengah-tengah mall, dengan mengambil konsep tropical garden mengoptimalkan kesejukan udara Bandung.
“Fasilitas yang berlokasi di lantai dasar ini nantinya akan digunakan sebagai tempat untuk penyelenggaraan beragam exhibition, culinary, sports event hingga pertunjukan music,” terang dia.
Di tempat yang sama, San Budi, Head of Leasing Summarecon Region 1 menyatakan sejumlah tennant hadir menawarkan pengalaman yang menarik.
“Kami sangat gembira karena beberapa tenant memberikan kepercayaan kepada Summaba dengan membuka gerai pertamanya di kota Bandung, diantaranya yaitu Rambla Super Department Store, Happy Harvest Supermarket, Studio XXI IMAX, JD Sports Indonesia, hingga French Bakery Cafe yang tengah digemari masyarakat, Monsieur Spoon,” ucap dia.
“Tidak kalah menarik adalah kehadiran Timezone terbesar, dan terlengkap di Kota Bandung, serta puluhan tenant-tenant istimewa lainnya,” pungkasnya. (dbs)