RADARBANDUNG.id, BANDUNG – Kartini Bluebird (KBB) adalah program pemberdayaan istri dan anak pengemudi yang bertujuan memberikan dukungan kemandirian ekonomi keluarga melalui pelatihan berbagai kelas, seperti memasak, menjahit, maupun merias.
Tidak hanya itu, KBB juga memberikan peluang usaha bagi peserta untuk mendapatkan penghasilan tambahan menjelang Idulfitri.
Pada bulan Ramadan ini, peserta menerima pesanan untuk memproduksi 8.000 paket kue kering untuk mendukung kegiatan buka puasa manajemen bersama karyawan dan pengemudi Bluebird Group yang diadakan pada 18–21 Maret 2024.
Sebanyak 54 Kartini Bluebird yang berasal dari berbagai pool di Jadetabek membuat berbagai penganan seperti nastar dan mazola yang dibagikan kepada 4.000 peserta buka puasa bersama.
Selain itu, Dapur Kartini Bluebird juga mempersiapkan berbagai jenis takjil sepanjang bulan Ramadan yang dapat dipesan dan dinikmati oleh keluarga besar Bluebird Group.
Penghasilan yang didapatkan diharapkan dapat bermanfaat bagi keluarga pengemudi dalam mempersiapkan kebutuhan Lebaran.
Baca Juga: Tingkatkan Layanan, BPJS Ketenagakerjaan Bandung Suci Lakukan Pembinaan Mitra PLKK
Farida, peserta KBB yang suaminya bekerja sebagai pengemudi di pool Mampang, mengungkapkan kebahagiaannya karena bisa terlibat dalam pembuatan paket kue lebaran.
“Saya senang sekali bisa ikut mengerjakan pesanan kue kering dari Bluebird sama ibu-ibu KBB yang lain. Kita kerjakan semuanya mulai dari belanja bahan, peralatan, buat tester, sampai pilih kemasan. Alhamdulillah saya sangat terbantu karena penghasilannya bisa menambah keuangan keluarga untuk persiapan keperluan Lebaran,” ujarnya.
Baca Juga: Gerak Cepat YBM PLN Salurkan Bantuan Korban Banjir Longsor di Cipongkor Bandung Barat
Direktur Utama PT Blue Bird Tbk, Adrianto Djokosoetono, mengatakan di Bluebird, pengemudi dan keluarganya adalah bagian dari keluarga besar Bluebird.
“Program KBB adalah cara kami menunjukkan kepedulian kepada keluarga. Kami berusaha membantu mereka mendapatkan kehidupan yang lebih baik, bukan hanya dengan ilmu dari pelatihan, tapi juga dengan memberi dukungan nyata dalam hal ekonomi. Ini bukan sekadar komitmen perusahaan, tapi cerminan dari nilai-nilai Perusahaan yang menekankan pentingnya kesejahteraan dan kebahagiaan keluarga pengemudi sebagai bagian dari keluarga besar Bluebird Group,” kata Adrianto.
Kartini Bluebird adalah bagian dari pilar Bluelife dalam Visi Keberlanjutan Bluebird yang fokus pada peningkatan kesejahteraan sosial. Didirikan sejak 2014, Kartini Bluebird setidaknya telah memiliki alumni sebanyak lebih dari 1.000 orang dari berbagai program pelatihan. (*)