News

Delegasi Perdagangan Malaysia Studi Banding ke Pasar Baru Trade Center Bandung

Radar Bandung - 24/10/2024, 16:30 WIB
Darmanto
Darmanto
Tim Redaksi
Delegasi Perdagangan Malaysia Studi Banding ke Pasar Baru Trade Center Bandung
Delegasi Perdagangan Malaysia melakukan studi banding ke Pasar Baru Trade Center Bandung, Kamis (24/10).

RADARBANDUNG.ID, BANDUNG – Delegasi Perdagangan, Kota Bharu, Kelantan Darulnaim, Malaysia melakukan kunjungan studi banding ke Pasar Baru Trade Center Bandung, Kamis (24/10).

Kedatangan rombongan yang dipimpin H Mohamad Nasrif bin Daud, Wakil Ketua Komite Investasi, Industri, Sumberdaya Manusia, Perdagangan dan Kewirausahaan Negara Kelantan ke salah satu pusat perdagangan terbesar di Kota Bandung, Jawa Barat ini, untuk mempelajari sistem perdagangan, manajemen pasar, dan potensi ekspor-impor produk antara Indonesia dan Malaysia.

Kunjungan studi banding ini disambut hangat oleh menajemen PT DSMJ-selaku pengelola PBTC. Selama kunjungan, delegasi Malaysia mendapatkan pemaparan mengenai sejarah dan perkembangan Pasar Baru sebagai salah satu pusat perbelanjaan tradisional terbesar di Bandung yang telah berdiri sejak zaman kolonial.

Baca juga : Sunset Parkir di Pasar Baru Trade Center Jadi Spot Foto yang Instagramable

Pasar Baru Trade Center dikenal sebagai pusat grosir tekstil, pakaian, dan barang-barang mode dengan daya tarik utama bagi wisatawan lokal maupun mancanegara.

Delegasi Malaysia tertarik untuk mempelajari strategi bisnis pedagang lokal serta jaringan distribusi yang telah lama menjadi bagian penting dalam pergerakan ekonomi kota ini.

Selain itu, diskusi yang berlangsung juga menyoroti peluang kerja sama antara kedua negara dalam hal kunjungan wisatawan Malaysia, yang selama ini memang sudah berjalan cukup baik.

Begitu pun, bagi para pedagang Pasar Baru berharap kunjungan studi banding ini dapat membuka jalan kembali bagi para wisatawan, untuk datang ke Pasar Baru.

Sementara, Direktur Marketing PT DSMJ Untung BW menyatakan, kunjungan ini merupakan kesempatan yang baik untuk memperkuat hubungan antara Indonesia dan Malaysia.

“Kami berharap kerja sama ini dapat berlanjut dan membawa manfaat bagi kedua belah pihak, terutama dalam meningkatkan kunjungan wisatawan Malaysia ke Kota Bandung,” kata Untung.

Baca juga : Kembangkan Pasar Baru Trade Center Bandung, PT DSMJ Kolaborasi dengan Unpad

Studi banding ini diakhiri dengan tur keliling Pasar Baru Trade Center di mana delegasi Malaysia berkesempatan melihat langsung aktivitas perdagangan, serta berdialog dengan para pedagang lokal mengenai tantangan dan peluang dalam bisnis mereka.

Usai mendengarkan pemaparan, Mohamad Nasrif bin Daud tujuan utama pihaknya datang ke Pasar Baru Trade Center Bandung untuk menjalin kerjasama perniagaan.

“Yang kedua, kami datang ke sini untuk mendapatkan ilmu atau pengetahuan, bagaimana Pasar Baru Bandung bisa mengoperasikan dengan baik gedung berlantai 8,” ungkap Nasrif.

Ia juga ingin mendapatkan pengetahuan, cara Pasar Baru Bandung dalam memasarkan produk-produk yang ada.

“Tentu juga, kami ingin mendapatkan ilmu, bagaimana para pedagang atau tenant bisa berjualan dengan baik,” kataya.

Sementara itu Nazir, salah seorang yang ikut dalam rombongan menyatakan kalau dirinya bukan kali ini saja berkunjung ke Pasar Baru.

“Saya sudah sering datang ke Bandung, khususnya Pasar Baru Trade Center. Setiap kali datang, pasti ada saja barang baru yang menarik dan harganya sangat bersahabat,” ujarnya.

Ia menyebutkan bahwa Pasar Baru selalu menjadi destinasi utama saat ia dan teman-temannya berkunjung ke Bandung.

Selain pakaian, para wisatawan Malaysia juga tertarik dengan berbagai oleh-oleh khas Jawa Barat, seperti makanan ringan dan kerajinan tangan.

Mereka pun tak ragu menawar harga dan berinteraksi dengan para pedagang lokal, menciptakan suasana akrab di pasar yang ramai tersebut.

Dibagian lain, Sudrajat, salah satu pedagang di Pasar Baru mengemukakan, kunjungan wisatawan Malaysia ke tempat ini bukanlah hal baru.

“Setiap hari pasti ada rombongan wisatawan dari Malaysia, terutama saat musim liburan. Namun, memang belum seramai dulu, waktu belum ada Covid-19. Mereka sangat suka belanja di sini, terutama pakaian dan tekstil,” jelasnya.

Pasar Baru Trade Center Bandung memang sudah lama dikenal sebagai surga belanja bagi wisatawan mancanegara, terutama dari Malaysia.

Dengan beragam pilihan produk, harga yang kompetitif, serta letaknya yang sangat strategis di pusat perdagangan kota Bandung, Pasar Baru Trade Center Bandung terus menjadi daya tarik wisata belanja yang tak pernah sepi pengunjung.(*)


Terkait Ekonomi Bisnis
ALDO Optimistis Jaga Kinerja Lewat Buyback Saham dan Strategi Operasional Baru
Ekonomi Bisnis
ALDO Optimistis Jaga Kinerja Lewat Buyback Saham dan Strategi Operasional Baru

RADARBANDUNG.id –  PT Alkindo Naratama Tbk (ALDO), emiten industri kertas dan bahan kimia terintegrasi, mengumumkan rencana pembelian kembali saham (buyback) senilai maksimal Rp10 miliar. Rencana buyback ini disampaikan bersamaan dengan penyampaian kinerja keuangan tahun buku 2024 dalam Paparan Publik (Public Expose) yang digelar secara hybrid di Kota Baru Parahyangan, Kabupaten Bandung Barat, Kamis (12/6). Direktur […]

Bank Mandiri Taspen Terbitkan Obligasi Rp3 Triliun, Targetkan Pertumbuhan 11,6 Persen
Ekonomi Bisnis
Bank Mandiri Taspen Terbitkan Obligasi Rp3 Triliun, Targetkan Pertumbuhan 11,6 Persen

RADARBANDUNG.ID, JAKARTA – Bank Mandiri Taspen (Bank Mantap) akan menerbitkan obligasi melalui skema Penawaran Umum Berkelanjutan (PUB) II, dengan target total dana sebesar Rp3 triliun. Inisiatif ini mencerminkan komitmen berkelanjutan Bank Mandiri Taspen dalam memperkuat portofolio kredit pensiun dan mendorong pemberdayaan ekonomi para pensiunan di Indonesia. Direktur Bisnis Bank Mandiri Taspen Maswar Purnama mengatakan, langkah […]

9.700 Pelajar Indonesia Raih Keterampilan Wirausaha Berkat Zurich Entrepreneurship Program
Ekonomi Bisnis
9.700 Pelajar Indonesia Raih Keterampilan Wirausaha Berkat Zurich Entrepreneurship Program

RADARBANDUNG.id – Zurich Indonesia bersama Z Zurich Foundation dan Prestasi Junior Indonesia resmi menuntaskan pelaksanaan tahun ketiga Zurich Entrepreneurship Program (ZEP) dengan capaian signifikan. Program pengembangan kewirausahaan, literasi keuangan, dan kesiapan kerja ini telah memberikan manfaat bagi lebih dari 9.700 siswa dari 50 SMA dan SMK yang tersebar di 14 kota/kabupaten di seluruh Indonesia, mendorong […]

Kurun 7 Tahun, IHG Rayakan 100 Pembukaan Hotel Voco
Ekonomi Bisnis
Kurun 7 Tahun, IHG Rayakan 100 Pembukaan Hotel Voco

Pertumbuhan tercepat, IHG catatkan rekor 100 pembukaan hotel voco dalam kurin waktu kurang 7 tahun.

location_on Mendapatkan lokasi...
RadarBandung AI Radar Bandung Jelajahi fitur berita terbaru dengan AI
👋 Cobalah demo eksperimental yang menampilkan fitur AI terkini dari Radar Bandung.