News

Hadir Lebih Dekat, BPJS Kesehatan Keliling Beredar di Kota Bandung

Radar Bandung - 26/03/2025, 09:51 WIB
AR Hidayat
AR Hidayat
Tim Redaksi
Hadir Lebih Dekat, BPJS Kesehatan Keliling Beredar di Kota Bandung
Hadir Lebih Dekat, BPJS Kesehatan Keliling Beredar di Kota Bandung.

RADARBANDUNG.id, BANDUNG – Kemudahan akses dan efisiensi waktu menjadi prioritas bagi masyarakat di era modern ini yang memiliki gaya hidup serba praktis, serba cepat dan mengutamakan kenyamanan dalam menjalani aktivitas sehari-hari.

Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, berbagai sektor pelayanan publik terus berinovasi untuk mempermudah akses bagi masyarakat.

Dalam rangka meningkatkan layanan kepada peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dengan lebih dekat dan lebih cepat, BPJS Kesehatan Cabang Bandung mengambil langkah nyata dengan menyediakan layanan Mobile Customer Service (MCS) atau yang dikenal dengan BPJS Keliling.

Dengan konsep jemput bola, BPJS Keliling hadir langsung ke lokasi-lokasi strategis di Kota Bandung, memastikan peserta dapat memenuhi kebutuhan informasi maupun layanan administrasi dengan lebih praktis dan efisien tanpa mengganggu rutinitas harian.

BPJS Keliling merupakan program layanan keliling yang dirancang untuk mempermudah peserta JKN dalam mengurus administrasi terkait kepesertaannya tanpa perlu datang langsung ke kantor cabang.

Berbagai layanan yang diberikan melalui BPJS Keliling mencakup pendaftaran peserta baru, perubahan fasilitas kesehatan (faskes) atau kelas rawat, peralihan jenis kepesertaan, pemutakhiran data, serta pembayaran iuran.

Tidak hanya itu, BPJS Keliling juga memberikan informasi terkait Program JKN dan menanggapi pengaduan yang mungkin dihadapi peserta. Kehadiran BPJS Keliling di Wilayah Kota Bandung dapat ditemukan di Puskesmas kelurahan, pusat perbelanjaan seperti Kings Shopping Center, Festival Citylink, dan McDonalds Pasir Koja dengan waktu yang sudah ditentukan.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Bandung, Greisty E.L. Borotoding, menjelaskan bahwa meskipun BPJS Kesehatan telah menyediakan berbagai layanan digital yang dapat diakses seperti aplikasi Mobile JKN pada smartphone, Care Center 165, dan Pelayanan Administrasi melalui WhatsApp (Pandawa), pihaknya menyadari bahwa tidak semua peserta memiliki kemampuan untuk memanfaatkan teknologi.

Oleh karena itu, BPJS Kesehatan Cabang Bandung memperkenalkan layanan BPJS Keliling ini sebagai solusi bagi peserta yang lebih memilih mendapatkan pelayanan tatap muka langsung dengan petugas tanpa harus datang langsung ke kantor cabang.

“Layanan BPJS Keliling ini merupakan upaya kami untuk menjangkau masyarakat luas, khususnya yang berdomisili di Kota Bandung. Dengan hadir di lokasi-lokasi yang ramai dikunjungi masyarakat, kami berharap peserta JKN bisa lebih mudah mengakses layanan administrasi tanpa perlu menghabiskan banyak waktu dan biaya untuk datang ke kantor cabang kami. Sampai saat ini, antusiasme masyarakat akan kehadiran BPJS keliling ini sangat positif, terbukti dengan ramainya kunjungan. Kami turut senang dan berbangga dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya Program JKN sekaligus membantu mempermudah masyarakat dalam mengakses layanan dimanapun,” jelas Greisthy.

Selain itu, Greisthy juga mengingatkan bagi masyarakat yang ingin mengunjungi mobil BPJS Keliling, untuk dapat memastikan terlebih dahulu jadwal layanan BPJS Keliling yang berada di lokasi berbeda setiap harinya.

Informasi lebih lanjut mengenai waktu layanan dan lokasi terkini posisi BPJS Keliling di Wilayah Kota Bandung, masyarakat dapat melihatnya melalui akun Instagram @infoJKNBandung yang diperbaharui setiap minggunya.

“Untuk selangkah lebih dekat dengan peserta dan memberikan kemudahan tanpa kendala, kami ingin memastikan bahwa setiap peserta JKN dapat mengakses layanan dengan mudah, cepat, dan setara. Jadi, bagi siapa saja yang sedang jalan-jalan di sekitaran pusat perbelanjaan Kota Bandung, dan punya pertanyaan atau memerlukan layanan administrasi terkait Program JKN, tidak perlu ragu untuk mendatangi petugas kami yang sedang berada di Mobil BPJS Keliling. Kami siap membantu,” tutup Greisthy. (MI/rs)

 

Live Update


Terkait Advertorial
Berbagi Takjil, Kader JKN Sosialisasikan Program JKN di Bulan Ramadan
Advertorial
Berbagi Takjil, Kader JKN Sosialisasikan Program JKN di Bulan Ramadan

RADARBANDUNG.id, BANDUNG – Dalam rangka menyambut bulan suci Ramadan 1446 H, BPJS Kesehatan Cabang Bandung bersama 57 orang Kader JKN Kota Bandung menggelar aksi sosial dengan membagikan 250 porsi takjil kepada masyarakat. Kegiatan ini diselenggarakan di 2 titik keramaian Kota Bandung yaitu persimpangan jalan PH. H Mustofa dan Jalan Braga. Selain membagikan takjil, kegiatan ini […]

Trimo, Kader JKN yang Membantu Masyarakat Melawan Stigma Diskriminasi
Advertorial
Trimo, Kader JKN yang Membantu Masyarakat Melawan Stigma Diskriminasi

RADARBANDUNG.id, BANDUNG – Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan bertujuan untuk memberikan perlindungan kesehatan yang terjangkau dan berkualitas bagi seluruh masyarakat Indonesia. Untuk mendukung implementasi dan kesinambungan program ini, BPJS Kesehatan melibatkan Kader JKN yang berperan mengedukasi manfaat JKN dari lingkup yang terdekat dengan masyarakat. Kader JKN bertugas membantu peserta mengetahui […]

Terdaftar JKN, Rachel Dapatkan Layanan Kesehatan Optimal Hingga Sembuh Total
Advertorial
Terdaftar JKN, Rachel Dapatkan Layanan Kesehatan Optimal Hingga Sembuh Total

RADARBANDUNG.id, BANDUNG – Hadirnya Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) memberikan rasa aman bagi masyarakat karena menjamin peserta mendapatkan perawatan yang layak tanpa harus khawatir akan beban biaya terutama saat menghadapi kondisi medis yang tidak terduga. Kian hari, BPJS Kesehatan sebagai penyelenggara program ini, menawarkan berbagai kemudahan yang selaras dengan kebutuhan masyarakat dan perkembangan teknologi dengan […]

Kader JKN jadi Ujung Tombak Meningkatkan Kesadaran Peserta untuk Membayar Iuran
Advertorial
Kader JKN jadi Ujung Tombak Meningkatkan Kesadaran Peserta untuk Membayar Iuran

RADARBANDUNG.id, BANDUNG – Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) hadir demi memastikan akses layanan kesehatan yang berkualitas bagi seluruh masyarakat Indonesia. Untuk menjaga keberlanjutan program ini, partisipasi aktif peserta dalam membayar iuran menjadi salah satu faktor utama. Namun, masih banyak peserta JKN terutama di segmen Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) atau peserta mandiri yang mengalami kendala […]

location_on Mendapatkan lokasi...
RadarBandung AI Radar Bandung Jelajahi fitur berita terbaru dengan AI
👋 Cobalah demo eksperimental yang menampilkan fitur AI terkini dari Radar Bandung.