News

Pergerakan Penumpang di Stasiun Bandung dan Kiaracondong Meningkat Tajam

Radar Bandung - 26/03/2025, 22:53 WIB
DS
Diwan Sapta
Tim Redaksi
Pemudik memadati peron keberangkatan setiap harinya, di Stasiun Bandung, Kota Bandung, Rabu (26/3). (Foto. Diwan Sapta Nurmawan/Radar Bandung)

RADARBANDUNG.ID, KOTA BANDUNGArus mudik Lebaran 2025 mulai menunjukkan lonjakan signifikan di wilayah Daerah Operasi (Daop) 2 Bandung, terutama di Stasiun Bandung dan Stasiun Kiaracondong. Ribuan calon pemudik memadati peron keberangkatan setiap harinya, dengan tujuan utama ke berbagai kota di Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Berdasarkan data yang disampaikan Manager Humasda Daop 2 Bandung, Kuswardoyo mengungkapkan jumlah penumpang yang telah diberangkatkan dari wilayah Daop 2 Bandung dalam periode 21 hingga 26 Maret 2025 pukul 05.00 WIB mencapai 74.125 orang. Pemberangkatan 21 Maret sebanyak 13.844 penumpang, 22 Maret sebanyak 14.445 penumpang, 23 Maret sebanyak 16.678 penumpang, 24 Maret sebanyak 14.872 penumpang dan 25 Maret sebanyak 14.286 penumpang.

Kuswardoyo menambahkan sementara itu hingga 11 April 2025, tiket kereta api yang telah terjual mencapai 261.798 tiket, atau 73,6% dari total kapasitas kursi yang disediakan. Dari jumlah tersebut, Stasiun Bandung mencatat 82.910 tiket terjual, sedangkan Stasiun Kiaracondong mencatat 76.382 tiket.

“Meningkatnya jumlah penumpang ini menunjukkan tingginya antusiasme masyarakat untuk menggunakan moda transportasi kereta api sebagai pilihan utama mudik Lebaran tahun ini,” ujar Kuswardoyo saat ditemui, Stasiun Bandung, Kota Bandung, Rabu (26/3/2025).

Demi menjaga kelancaran arus penumpang, Komunitas Edan Sepur Indonesia hadir untuk membantu para pemudik dengan berkolaborasi bersama PT Kereta Api Indonesia (KAI) dan PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) dalam Posko Angkutan Kereta Api Lebaran 2025, mulai 24 Maret hingga 6 April 2025.

Menurut Humas Edan Sepur Bandung, Abdullah Putra Gandhara komunitas ini telah menyiapkan tim relawan yang akan ditempatkan di berbagai stasiun utama guna membantu mengurai kepadatan dan memberikan informasi kepada calon penumpang.

“Kita hadir di Stasiun Bandung, Kiaracondong, dan Purwakarta untuk membantu pemudik agar perjalanan mereka lebih lancar. Sementara itu, di wilayah Cirebon, Edan Sepur Cirebon akan bertugas di Stasiun Cirebon Prujakan. Di Jakarta, kita berkolaborasi dengan komunitas pecinta kereta api lainnya untuk memberikan bantuan di Stasiun Gambir, Pasar Senen, Jatinegara, Bekasi, dan Cikarang,” jelas Abdullah saat ditemui di Stasiun Kiaracondong, Rabu (26/3/2025).

Abdullah menjelaskan Relawan Edan Sepur berperan dalam memberikan informasi, pendampingan penumpang, serta membantu kelancaran arus pergerakan di stasiun. Keberadaan mereka menjadi bagian dari upaya menciptakan perjalanan mudik yang tertib, aman, dan nyaman bagi seluruh pengguna jasa kereta api.

Tingginya lonjakan penumpang, Abdullah mengimbau agar masyarakat yang akan melakukan perjalanan tiba lebih awal di stasiun, terutama bagi mereka yang membawa keluarga atau barang bawaan dalam jumlah banyak.

“Penumpang datang lebih awal untuk menghindari kepanikan dan antrean panjang saat proses boarding. Perlu diingat boarding akan ditutup lima menit sebelum jadwal keberangkatan kereta, sehingga jangan sampai tertinggal hanya karena terlambat tiba di peron,” tegas Abdullah.

Abdullah menambahkan selain itu, calon penumpang diminta untuk menyiapkan tiket, identitas diri, serta barang bawaan dengan rapi agar proses pemeriksaan di stasiun berjalan lebih cepat dan efisien. Dengan terus meningkatnya jumlah pemudik yang menggunakan kereta api, keterlibatan Komunitas Edan Sepur dalam Posko Angkutan Kereta Api Lebaran 2025 menjadi bagian dari upaya menciptakan pengalaman perjalanan yang lebih baik bagi masyarakat.

Manager Humasda Daop 2 Bandung, Kuswardoyo mengapresiasi dukungan komunitas pecinta kereta api dalam membantu penumpang selama musim mudik.

“Terima kasih atas kontribusi Edan Sepur dan komunitas lainnya dalam membantu kelancaran mudik. Sinergi antara PT KAI dan komunitas pecinta kereta api ini mampu menciptakan suasana yang lebih tertib dan nyaman bagi para pemudik,” ungkap Kuswardoyo.

Menurut Kuswardoyo melalui semangat gotong royong dan kepedulian terhadap sesama, komunitas Edan Sepur menunjukkan komitmennya dalam mendukung kelancaran transportasi kereta api di Indonesia. Bagi para pemudik yang akan melakukan perjalanan dalam periode Lebaran 2025, kehadiran relawan di berbagai stasiun dapat menjadi sahabat perjalanan yang siap membantu kapan pun dibutuhkan.

Kuswardoyo menambahkan mudik bukan sekadar perjalanan pulang, tetapi juga momen kebersamaan yang dinantikan setiap tahun. Persiapan yang matang, kedisiplinan dalam menaati peraturan, serta dukungan dari berbagai pihak, seluruh pemudik dapat menikmati perjalanan yang aman, nyaman, dan penuh kebahagiaan.

Kuswardoyo menegaskan bagi yang akan bepergian dengan kereta api, pastikan untuk pesan tiket lebih awal agar tidak kehabisan, datang ke stasiun lebih awal untuk menghindari keterlambatan, siapkan barang bawaan dengan baik agar perjalanan lebih nyaman, jangan ragu untuk meminta bantuan relawan Edan Sepur atau petugas PT KAI jika mengalami kendala.

“Selamat menikmati perjalanan mudik! Semoga selamat sampai tujuan dan dapat merayakan hari raya bersama keluarga tercinta,” pungkas Kuswardoyo.(dsn)

Live Update