News

Antisipasi Kebutuhan Nasabah pada Ramadhan dan Idul Fitri, Bank Mandiri Siapkan Uang Tunai Secara Net sebesar Rp 6,13 Triliun di Jawa Barat

Radar Bandung - 29/03/2025, 12:37 WIB
Azam Munawar
Azam Munawar
Tim Redaksi
Antisipasi Kebutuhan Nasabah pada Ramadhan dan Idul Fitri, Bank Mandiri Siapkan Uang Tunai Secara Net sebesar Rp 6,13 Triliun di Jawa Barat

RADARBANDUNG.ID,KOTA BANDUNGBank Mandiri menyiapkan net kebutuhan uang tunai sekitar Rp 6,13 triliun untuk mengantisipasi peningkatan kebutuhan uang tunai masyarakat di wilayah Jawa Barat selama 30 hari ke depan, yaitu pada 10 Maret – 8 April 2025 saat Ramadhan menjelang Idul Fitri 1446 H.

Antisipasi Kebutuhan Nasabah pada Ramadhan dan Idul Fitri, Bank Mandiri Siapkan Uang Tunai Secara Net sebesar Rp 6,13 Triliun di Jawa Barat

Bank Mandiri menyiapkan net kebutuhan uang tunai sekitar Rp 6,13 triliun untuk mengantisipasi peningkatan kebutuhan uang tunai masyarakat di wilayah Jawa Barat selama 30 hari ke depan, yaitu pada 10 Maret – 8 April 2025 saat Ramadhan menjelang Idul Fitri 1446 H. Foto-foto:Dok. Bank Mandiri

Jumlah net kebutuhan uang tunai tersebut naik sebesar 4% dibandingkan realisasi tahun sebelumnya.

Regional CEO Bank Mandiri Region VI/Jawa Barat Nila Mayta Dwi Rihandjani mengatakan, inisiatif ini diharapkan dapat membantu nasabah memenuhi berbagai kebutuhan pada periode bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri mendatang, terutama pada masa pembayaran gaji dan THR ASN.

 

Adapun secara nasional, Bank Mandiri telah mengantisipasi net kebutuhan uang tunai sekitar Rp 31,6 triliun

Sebagian besar dari alokasi kebutuhan uang tunai tersebut digunakan untuk memenuhi kebutuhan pengisian ATM Bank Mandiri di Wilayah Jawa Barat yang diprediksi mencapai Rp 5,04 triliun selama periode tersebut.

“Guna mendukung penyaluran uang tunai ke masyarakat, kami juga telah mengoptimalisasi pengisian 1201 unit ATM/CRM (ATM setor tarik) Bank Mandiri yang terhubung dalam jaringan ATM Link, ATM Bersama, ATM Prima dan Visa/Plus di seluruh Indonesia sejak awal bulan ini hingga saat libur Lebaran,” kata Nila dalam keterangan resminya, Rabu (26/3/2025).

Selain mesin ATM, dia melanjutkan, Bank Mandiri juga mengoptimalkan channel-channel pembayaran online untuk membantu nasabah bertransaksi dengan cepat, antara lain dengan 18.290 mesin EDC dan aplikasi Livin’ by Mandiri.

 

“Sejalan dengan tema program Ramadan tahun ini, yakni Raih Ketenangan, Banyak Kemenangan dan mengingat banyaknya pengguna Livin’ by Mandiri, kami akan mengoptimalisasi kapasitas super app ini agar tetap dapat memberikan layanan prima saat puncak transaksi, sehingga nasabah dapat beribadah dan berlibur dengan tenang,” jelasnya.

Dia menambahkan, untuk memastikan kelancaran transaksi BI FAST nasabah, pihaknya akan menyediakan likuiditas yang memadai pada Rekening Settlement Dana (RSD) untuk mengantisipasi lonjakan transaksi BI FAST pada periode Ramadhan dan Idul Fitri.

Sedangkan langkah preventive maintenance akan dilakukan pada 202 ATM/CRM yang tersebar di seluruh Indonesia, khususnya di lokasi strategis seperti rest area, bandara, stasiun, terminal, pelabuhan, pusat perbelanjaan, hotel, SPBU dan tempat wisata.

Nasabah juga dapat menggunakan Livin’ by Mandiri yang mampu memenuhi berbagai kebutuhan seperti cek saldo, transfer, pembayaran tagihan bulanan & e-commerce, top up e-money maupun e-wallet, serta pembayaran dengan QRIS. Bahkan, nasabah juga dapat melakukan pemesanan tiket kereta, pesawat, sampai tempat wisata melalui fitur Sukha pada super app ini.

“Dengan fitur top up Mandiri e-money pada Livin’ by Mandiri, nasabah yang melakukan perjalanan lewat tol akan sangat dimudahkan karena top up dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja,” imbuh nya.

Sedangkan bagi pengguna jalan tol yang belum memiliki kartu mandiri e-money, Nila menjelaskan, pihaknya akan menyiapkan stok kartu hingga 132 ribu kartu yang dapat diperoleh di cabang, Fitur Sukha di Livin by Mandiri, toko retail (Indomaret, Alfamart, dan lain-lain), outlet resmi Bank Mandiri di e-commerce (Tokopedia, Blibli, Shopee), serta vending machine di lokasi transportasi dan stasiun.

Nila menjelaskan, pihaknya juga akan memastikan kesiapan jaringan IT secara optimal untuk mengantisipasi kenaikan transaksi yang dilakukan nasabah pada seluruh channel pembayaran elektronik, dengan membentuk tim monitoring IT yang selalu siaga.

“Tidak hanya itu, selama bulan Ramadhan Bank Mandiri juga memberikan banyak program khusus spesial Ramadhan untuk memanjakan nasabah. Nasabah dapat mengakses ragam program tersebut melalui bmri.id/ramadan2025,” papar dia.

Sediakan Layanan Penukaran Uang Tunai

Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1446 H, Bank Mandiri turut mendukung kebijakan Bank Indonesia dalam penyediaan layanan penukaran Uang Pecahan Kecil (UPK) bagi masyarakat. Penukaran tahun ini dapat dilakukan melalui dua skema utama, yakni layanan penukaran terpadu dan layanan penukaran di loket cabang perbankan. Layanan ini terbuka bagi masyarakat umum, baik nasabah maupun non-nasabah, dan dapat dilakukan selama stok masih tersedia.

Bank Indonesia menjelaskan, sesuai ketentuan pemesanan hanya dapat dilakukan melalui situs BI Pintar (https://pintar.bi.go.id/), masyarakat dapat memilih lokasi bank dan nominal uang yang diinginkan. Setelah mendaftar, masyarakat hanya perlu datang ke lokasi penukaran yang dipilih dan tidak dapat diwakilkan serta wajib membawa identitas diri berupa Kartu Tanda Penduduk (KTP) asli  yang akan diverifikasi oleh teller bank sesuai data pemesanan.

Bank Mandiri lanjutnya, terus berkoordinasi dengan Bank Indonesia untuk memastikan kelancaran distribusi uang baru. Pihaknya berharap, dengan adanya layanan ini, masyarakat dapat memperoleh uang pecahan baru dengan mudah dan nyaman selama periode Ramadhan dan Idul Fitri.

Informasi lebih detail mengenai lokasi cabang, jadwal, dan kuota penukaran UPK dapat diakses di situs BI Pintar (https://pintar.bi.go.id/). (**)

Live Update


Terkait Ekonomi Bisnis
Berdayakan 14,4 Juta Pengusaha Wanita, Holding Ultra Mikro BRI Tegaskan Komitmen Ciptakan Ekonomi Inklusif dan Kesetaraan Gender di Hari Kartini
Ekonomi Bisnis
Berdayakan 14,4 Juta Pengusaha Wanita, Holding Ultra Mikro BRI Tegaskan Komitmen Ciptakan Ekonomi Inklusif dan Kesetaraan Gender di Hari Kartini

RADARBANDUNG.id, JAKARTA- Dalam rangka memperingati Hari Kartini, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI melalui Holding Ultra Mikro yang terdiri dari BRI, PT Pegadaian, dan PT Permodalan Nasional Madani (PNM), menegaskan komitmennya terhadap inklusi keuangan dan kesetaraan gender dengan terus memberdayakan pelaku usaha wanita di seluruh Indonesia Holding ini terbukti menjadi katalisator pemberdayaan ekonomi perempuan, […]

AS Minta Delegasi RI Susun Proposal Penawaran Dagang, Negosiasi Tarif Trump, Indonesia Siap Seimbangkan Defisit
Ekonomi Bisnis
AS Minta Delegasi RI Susun Proposal Penawaran Dagang, Negosiasi Tarif Trump, Indonesia Siap Seimbangkan Defisit

RADARBANDUNG.ID, WASHINGTON – Negosiasi dagang antara pemerintah Indonesia dengan Amerika Serikat (AS) masih berlangsung. Delegasi Indonesia yang dipimpin Menko bidang Perekonomian Airlangga Hartarto telah bertemu dengan jajaran pimpinan United States Trade Representative (USTR). Negosiasi Indonesia selanjutnya dengan United States Secretary of Commerce Howard Lutnick. Sebelum Indonesia, ada beberapa negara lain seperti Jepang dan Argentina yang bertemu […]

Berkat Pemberdayaan BRI, Pengusaha Batik Tulis Ini Bawa Warisan Budaya ke Pasar Global
Ekonomi Bisnis
Berkat Pemberdayaan BRI, Pengusaha Batik Tulis Ini Bawa Warisan Budaya ke Pasar Global

RADARBANDUNG.id, LAMONGAN- Lamongan mungkin belum dikenal luas sebagai daerah penghasil batik, namun anak muda bernama Umbar Basuki berhasil mengubah perspektif tersebut melalui Batik Tulis Soedjono. Tidak sekadar memproduksi kain batik, UMKM ini hadir dengan misi besar mengedukasi generasi muda tentang batik tulis sekaligus memberdayakan masyarakat lokal. “Di Lamongan, pemahaman masyarakat tentang batik masih terbatas,” ujar […]

Log In Megastore Bakal Tambah Tiga Toko Baru
Ekonomi Bisnis
Log In Megastore Bakal Tambah Tiga Toko Baru

RADARBANDUNG.id – Pasar dan peralatan rumah tangga di Bandung Raya masih akan terus tumbuh positif. Karena itu, Log In Megastore, toko elektronik terbesar di Jawa Barat, terus melakukan ekspansi dengan membuka gerai baru. Operational Manager Log In Megastore, Yumi Kusmayanti mengatakan, Log In Megastore berencana membuka sejumlah toko baru di tahun 2025. “Next akan ada […]

location_on Mendapatkan lokasi...
RadarBandung AI Radar Bandung Jelajahi fitur berita terbaru dengan AI
👋 Cobalah demo eksperimental yang menampilkan fitur AI terkini dari Radar Bandung.