News

Ramaikan Libur Panjang, Padati Jalur Bandung-Lembang, Motor Bertenaga Jadi Pilihan Favorit

Radar Bandung - 10/06/2025, 11:47 WIB
DS
Diwan Sapta
Tim Redaksi
Suasana jalur wisata Bandung-Lembang, ribuan warga tumpah ke jalan menuju kawasan pegunungan. (Foto. Diwan Sapta Nurmawan/Radar Bandung)

RADARBANDUNG.ID, LEMBANG – Suasana jalur wisata Bandung-Lembang, sejak Jumat malam hingga Sabtu pagi (7/6/2025) dipenuhi deru kendaraan. Libur panjang kali ini mendorong ribuan warga tumpah ke jalan menuju kawasan pegunungan yang terkenal dengan udara sejuk pegunungan.

Pantauan di sejumlah ruas seperti Setiabudi, Lembang, hingga Maribaya, arus kendaraan tampak padat, namun lancar. Mobil pribadi, bus pariwisata, hingga pengendara motor mendominasi jalur sempit dan berkelok tersebut.

“Kalau pakai mobil, sering terjebak di antrian Lembang. Motor lebih gesit dan bisa cari celah,” ujar pengendara motor, Arief yang ditemui di rest area Lembang, Sabtu (7/6/2025).

Menariknya, dari pantauan lapangan, selain motor bebek dan skutik harian, motor matic premium makin banyak terlihat di jalur wisata ini. Salah satunya adalah NMAX “TURBO” yang tampak kerap digunakan pengendara yang melakukan perjalanan jarak menengah hingga jauh.

Motor matic premium makin banyak terlihat di jalur wisata ini. Salah satunya adalah NMAX “TURBO” yang tampak kerap digunakan pengendara yang melakukan perjalanan jarak menengah hingga jauh. (Foto. Diwan Sapta Nurmawan/Radar Bandung)

“Saya sengaja pakai Nmax baru ini. Jalur Bandung-Lembang lumayan berat, banyak tanjakan panjang. Turbo Riding Mode-nya sangat terasa bantu banget di tanjakan Lembang,” ujar pengendara asal Cimahi, Ricky.

Ricky mengungkapkan pakai motor matic premium seperti NMAX varian tertinggi untuk jalur Bandung-Lembang-Maribaya, handling cornering di tikungan tanjakan, naik maupun menurun stabil, motor mudah sekali dikendalikan.

Menurutnya, jalur menuju Lembang-Maribaya punya karakter jalan yang cukup menantang, mulai dari kemacetan di dalam Kota Bandung, tanjakan panjang menuju Lembang, tikungan curam, hingga turunan ekstrem menuju Maribaya.

Ia mengungkapkan dirinya sebagai pengendara dengan motor seperti NMAX “TURBO” kerap mengaktifkan fitur S Mode saat menghadapi jalur menanjak. Dengan Turbo Y-Shift, motor mampu memberikan akselerasi yang responsif tanpa mengorbankan kestabilan.

“Saya biasanya pakai Turbo Y-Shift level medium atau high pas tanjakan. Rasanya ngisi terus, enggak ada jeda,” ungkap Ricky.

NMAX “TURBO” akselerasi yang responsif tanpa mengorbankan kestabilan. (Foto. Diwan Sapta Nurmawan/Radar Bandung)

Berbeda dengan Ricky, Arief mengungkapkan seiring padatnya arus kendaraan, faktor keamanan di jalur berliku ini jadi perhatian. Banyak pengendara motor memanfaatkan fitur berkendara canggih seperti Dual Channel ABS dan Traction Control System (TCS) untuk membantu menjaga stabilitas.

“Di turunan arah Maribaya dari Lembang kadang ada pasir halus. ABS sangat terasa perannya. Dengan Nmax yang ada TCS-nya, motor tetap anteng walau kondisi jalan kurang bersih,” jelas Arief yang baru pertama kali menjajal NMAX “TURBO” di jalur pegunungan.

Bagi pengendara lain yang menggunakan motor tanpa fitur ini, kehati-hatian ekstra menjadi pilihan utama.

“Motor saya standar, jadi saya harus benar-benar atur kecepatan pas turunan. Enggak berani ngerem mendadak,” ujar pengendara motor asal Bandung, Marina.

Perjalanan Bandung-Lembang-Maribaya bisa memakan waktu 2 hingga 3 jam, tergantung kepadatan lalu lintas. Kenyamanan berkendara menjadi faktor yang banyak dipertimbangkan pengendara.

Pengguna NMAX “TURBO”, Yusuf memuji kenyamanan posisi duduk dengan MAXi Riding Position serta MAXi Comfort Seat yang dirancang untuk perjalanan panjang.

“Saya berdua sama istri. Joknya lebar, posisi kaki juga bisa selonjoran. Jadi enggak gampang pegal, padahal tadi sempat kena macet di Lembang,” ungkap Yusuf.

Selain itu, Ricky menambahkan fitur TFT Navigation Display terintegrasi dengan aplikasi Garmin Street Cross membantu pengendara menjelajah jalur alternatif atau mencari rest area, sementara Electric Power Outlet memastikan gadget tetap terisi daya selama perjalanan.

“Biasa pakai HP buat navigasi tambahan, kadang dengerin musik juga. Power outlet-nya membantu banget,” ujar Ricky.

Di beberapa titik, seperti di rest area kawasan Lembang dan warung-warung di pinggir jalan menuju Maribaya, komunitas motor tampak berhenti sejenak menikmati suasana.

“Touring ringan ke Lembang-Maribaya sekalian refreshing. Rutenya enak buat tes fitur motor. Tadi sempat pakai Turbo Mode di tanjakan, turunannya juga asyik, motor stabil banget,” ungkap Agus.

Meski demikian, banyak pula pengendara motor lain yang tetap menikmati perjalanan dengan kendaraan andalannya masing-masing.

“Motor apa saja bisa, yang penting hati-hati dan enjoy. Jalurnya bagus, pemandangan juga cakep,” tambah Marina.

Di jalur Bandung-Lembang-Maribaya yang penuh tantangan dan keindahan, pengalaman berkendara menjadi bagian dari perjalanan itu sendiri. Bagi pengendara motor modern seperti NMAX “TURBO”, perjalanan bukan sekadar dari titik A ke B, melainkan kesempatan untuk menikmati setiap kilometer dengan kenyamanan, keamanan, dan kontrol optimal.

“Sekarang touring makin seru karena teknologi motornya sudah sangat mendukung. Bisa fokus menikmati perjalanan,” pungkas Yusuf.(dsn)