News

Penggunaan Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online di Bandung Barat Meningkat

Radar Bandung - 12/06/2025, 09:11 WIB
HH
Hendra Hidayat
Tim Redaksi
Kabid Informasi Komunikasi Publik (IKP) Diskominfotik KBB, Taufik Kurnaefi. FOTO :Ist

RADARBANDUNG.id- Masyarakat Kabupaten Bandung Barat mulai aktif menggunakan Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR) Pemkab Bandung Barat.

Hal tersebut telihat dari jumlah laporan yang masuk melalui (lapor.go.id) per Januari hingga Juni 2025 laporan mencapai 90 aduan.

“Dari jumlah 90 aduan tersebut sebanyak 62 aduan selesai ditangani, 16 aduan sedang diproses dan 12 aduan belum ditindaklanjuti,” kata Kabid IKP Diskominfotik KBB, Taufik Kurnaefi, Kamis (13/6/2025).

Ia menambahkan, sejauh ini keluhan yang disampaikan masyarakat beraneka ragam dari mulai pelayanan, sarana publik hingga infrastruktur.

“Keluhan tersebut langsung disampaikan kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait dan langsung ditindaklanjuti,” katanya.

Lebih lanjut ia mengatakan, untuk saat ini keberadaan LAPOR sudah mulai digunakan masyarakat Kabupaten Bandung Barat.

“Masyarakat KBB sudah banyak menggunakan LAPOR untuk menyampaikan aduan maupun laporan terkait pelayanan dan yang lainnya,” katanya.

Ia menyebut, keberadaan LAPOR tersebut akan memudahkan Pemkab Bandung Barat menindaklanjuti keluhan masyarakat.

“Keluhan ini langsung disampaikan kepada OPD terkait dan langsung ditindaklanjuti,” katanya.

Ia menegaskan, Pemkab Bandung Barat menyambut baik meningkatnya kesadaran dan partisipasi warga dalam menyampaikan pengaduan melalui SP4N Lapor.

“Diharapkan, dengan keterlibatan aktif masyarakat, kualitas pelayanan publik dan pembangunan daerah dapat terus ditingkatkan secara berkelanjutan,” tegasnya. (KRO) 

 

Live Update