Klasemen Grup B SEA Games 2019: Menang 1-0 pun Lawan Laos, Indonesia Lolos

oleh -

RADARBANDUNG.id, MANILA – Kemenangan 8-0 Timnas Indonesia U-23 atas Brunei U-23, Selasa (4/12/2019) malam membuat peluang Garuda Muda melenggang ke semifinal terbuka lebar. Indonesia kini menempati peringkat kedua klasemen sementara Grup B, dan dipastikan lolos menang berapa pun lawan Laos pada laga pamungkas.

Saat ini, Vietnam U-23 masih memuncaki klasemen sementara Grup B dengan 12 poin dan selisih golnya +13 (15-2).

Sementara Indonesia di peringkat kedua dengan 9 poin dengan selisih gol +11 (13-2), Thailand menempel ketat di peringkat ketiga juga dengan 9 poin, hanya kalah selisih gol dari Indonesia, +10 (12-2).

Adapun tiga tim terbawah, peluangnya lolos sudah tertutup. Yaitu Laos (4 poin), Singapura (1) dan Brunei (0).

Pada pertandingan pamungkas, Kamis (5/12/2019) besok malam, dua rival Indonesia, Thailand dan Vietnam harus saling jegal. Sementara Garuda Muda ‘hanya’ menghadapi Laos.

Dengan demikian, tim asuhan Indra SJafri bisa menentukan sendiri nasibnya tanpa terpengaruh dengan pertandingan Vietnam lawan Thailand.

Pasalnya, jika menang lawan Laos (dengan skor berapa pun), Indonesia dipastikan lolos ke semifinal.

Jika Vietnam menang atau bermain imbang, maka Indonesia jadi runner up di bawah Vietnam. Jika Thailand yang menang (maksimal 2-0), sementara Indonesia menang, maka Evan Dimas dkk yang jadi juara grup.

Jika Thailand hanya menang 1-0 lawan Vietnam, maka Indonesia dan Vietnam yang lolos. Tinggal perhitungan selisih gol yang akan menentukan siapa juara grup.

Sekadar diketahui, di Grup A, juara grup sudah diketahui. Yaitu Myanmar yang sudah menuntaskan empat pertandingannya dengan mengemas 10 poin.

Adapun runner-up Grup A akan diperebutkan tiga tim lain yang sama-sama mengoleksi 4 poin. Yaitu Filipina, Malaysia dan Kamboja.

Filipina akan menghadapi Timor Leste, sementara Malaysia melakoni laga hidup mati melawan Kamboja.

(fat/pojoksatu)