Menuju Indonesia Sehat, Astra Credit Companies Gelar Pelatihan Khusus Kader Posyandu

oleh -

RADARBANDUNG.ID, BANDUNG – Astra Credit Companies (ACC) mengadakan pelatihan untuk kader posyandu di Kantor Kelurahan Pasir Biru, Kecamatan Cibiru, Kota Bandung. Acara bertema “Menguatkan Peran Posyandu di Lingkungan Masyarakat Bandung Bersama ACC”, perusahaan pembiayaan pertama Astra itu bekerjasama dengan organisasi nirlaba, Filantra.

Area Manager AR Management ACC Jawa Barat, Heru Gunawan mengungkapkan, kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian perusahaan kepada masyarakat dalam bentuk CSR di bidang kesehatan. Menurutnya, kader posyandu adalah orang paling depan menjaga kesehatan masyarakat, khususnya menjaga pertumbuhan dan perkembangan balita.

“Kami ingin berkontribusi membantu masyarakat. Melalui pelatihan kader posyandu ini diharapkan bisa meningkatkan pengetahuan dan pemahaman tentang kesehatan balita,” ucap Heru saat ditemui usai kegiatan, Jumat (12/4/2019).

Heru mengatakan, pelatihan kader posyandu juga merupakan bagian dari program Astra untuk Indonesia Sehat. Materi yang diberikan dalam pelatihan kali ini berkaitan dengan masalah stunting yang banyak ditemui di tengah kehidupan masyarakat.

“Kami (ACC) konsen terhadap kesehatan masyarakat. Pesan kami dalam kegiatan ini ingin menyampaikan sekaligus menyosialisasikan bahaya penyakit-penyakit, terutama stunting,” sambung Heru.

Kata Heru, ke depan pihaknya berencana menggelar sejumlah program CSR/ sosial lain baik itu di bidang kesehatan, pendidikan, lingkungan atau bantuan pada UMKM. Tujuannya, kata dia, tak lain membantu masyarakat dan memberi semangat serta motivasi.

“Sudah pasti kami akan suport setiap kegiatan, karena tujuan kami ialah mendekatkan ACC dengan warga,” jelasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Branch Manager ACC Cibiru, Setiadi Riadi menambahkan, kegiatan CSR merupakan sebuah tanggung jawab perusahaan terhadap lingkungan dan masyarakat secara luas.

Ia juga menyebut, bantuan yang diberikan ACC kepada kader Posyandu di Kelurahan Pasir Biru, Kecamatan Cibiru, Kota Bandung itu diharapkan bisa bermanfaat dan mampu meningkatkan kualitas pelayanan pada masyarakat di Posyandu masing-masing.

“Kami tak mengejar feed back. Jauh dari itu kami ingin mengajak masyarakat merasa nyaman dan terbantu dengan kehadiran ACC,” imbuhnya.

Sekadar untuk diketahui, pelatihan kader Posyandu ini diikuti 12 orang kader dari 12 Posyandu yang ada di Kecamatan Cibiru, Kota Bandung.

Selain mengadakan pelatihan, ACC juga memberikan bantuan berupa 6 timbangan digital dan 6 pengukur tinggi bayi, yang nantinya akan distribusikan ke 12 Posyandu sesuai kebutuhannya.

Sementara itu, Ketua Pokja Posyandu Kelurahan Pasir Biru, Kecamatan Cibiru, Kota Bandung, Dede Cucu mengapresiasi atas bantuan yang diberikan ACC. Menurutnya, program CSR tersebut sangat membantu dan bermanfaat untuk meningkatkan kualitas pelayanan pada masyarakat.

“Program dan kegiatannya bagus karena menambah pengetahuan kader posyandu, apalagi alat-alat yang diberikan sangat dibutuhkan oleh kami,” jelasnya.

Dede berharap, ACC kedepannya bisa kembali datang dan memberikan program CSR lain untuk meningkatkan taraf kesejahteraan masyarakat secara luas, terutama di bidang kesehatan.

“Apa yang sudah diberikan ACC akan kami pergunakan sebaik mungkin untuk kepentingan warga,” pungkasnya.

Reporter: Asep Rahmat H