Situ Kamojang Atasi Banjir Kabupaten Bandung

oleh -
Situ Kamojang Atasi Banjir Kabupaten Bandung
LAKSANA : Pengurus Dewi Laksana Ibun, Saeful Rahman yang biasa disapa Kang Ucup. (ist)

RADAR BANDUNG, IBUN – Rencana Pemerintah Daerah Kabupaten Bandung yang akan melaksanakan pembangunan Situ Kamojang di Desa Laksana Kecamatan Ibun, mendapat sambutan baik dan dukungan penuh dari masyarakat Kecamatan Ibun umumnya dan masyarakat Desa Laksana pada khususnya. Termasuk salah satunya dari pengurus desa wisata (dewi) Laksana Kecamatan Ibun.

Baca Juga: 1.400 Mahasiswa Telkom University Batal Wisuda karena Virus Corona

”Rencana pembangunan Situ Kamojang merupakan pengajuan/ usulan dari Desa Wisata Laksana Ibun yang dimasukan dalam musrenbang tahun 2015,″ ujar Ahmad Saeful Rahman yang biasa disapa Kang Ucup selaku pengurus Dewi Laksana Ibun, saat ditemui Radar Bandung di Kantor Kecamatan Ibun, Rabu (11/3).

Masih menurut Kang Ucup. tujuan utama pembangunan Situ Kamojang tersebut kedepannya adalah untuk meminimalisir banjir yang kerap terjadi di daerah hilir. ”Selain itu, apabila musim kemarau tiba maka ketersediaan air untuk masyarakat dapat tercukupi,” tutur Kang Ucup.

Tidak itu saja lanjut Kang Ucup, apabila nanti pembangunan Situ Kamojang telah selesai, maka bisa dijadikan salah satu destinasi wisata Kecamatan Ibun selain Kawah Kamojang dan Jembatan Kuning Cukang Monteng Kamojang.

Baca Juga: Jabar-Prancis Jajaki Kerja Sama di Bidang Pendidikan Vokasi

”Rencana Pemkab Bandung membangun Situ Kamojang tersebut di atas lahan seluas lebih kurang 10 ha,” ungkap Kang Ucup.

Diakhir pembicaraan Kang Ucup berharap semoga rencana pembangunan Situ Kamojang dapat direalisasikan secepatnya.  Selain itu adanya penataan kawasan dan lingkungan.

”Dan yang paling utama adanya Situ Kamojang diharapkan kedepannya dapat meningkatkan perekonomian masyarakat khususnya masyarakat Desa Laksana dan umumnya masyarakat Kecamatan Ibun,” tutupnya.

(den)

Tentang Penulis: FES

Gambar Gravatar
Professional player, the news media team at Digital Radar Bandung, Jawa Pos group. ▪ Also part of the Team in Pojoksatu Bandung from Radar Bogor.