Ridwan Kamil Instruksikan 27 Kepala Daerah di Jawa Barat Bentuk RW Siaga Corona

oleh -
Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil

RADARBANDUNG.id, BANDUNG – Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengintruksikan para kepala daerah di Jawa Barat untuk segera membentuk RW siaga Corona.

Ridwan Kamil mengutarakan, setiap RW harus mendeklarasikan wilayahnya untuk siaga Corona.

“Setiap RW harus deklarasikan menjadi RW siaga Corona. Pasang spanduknya bahwa RW, kelurahan kecamatan ini adalah siaga corona dengan membentuk tim dengan berbagai kebutuhan,” ujar Ridwan Kamil.

Baca Juga: 2.948 Warga Bandung akan Ikut Rapid Test Massal COVID-19 di Stadion GBLA

Hal ini terungkap saat Ridwan Kamil melakukan video conference bersama para kepala daerah di Jawa Barat, Senin (30/3/2020).

Ridwan Kamil juga memaparkan soal karantina wilayah. Presiden hanya mengizinkan dilakukannya karantina wilayah parsial.

Contohnya, dengan menutup wilayah parisal kawasan komplek, kelurahan atau kecamatan. Namun melarang penutupan kota.

Baca Juga: FIX! Pemprov Putuskan Tidak Terapkan Lockdown di Jabar, Ini Alasannya

“Presiden mengizinkan ada karantina wilayah parsial. Jadi, menutup komplek, desa, kelurahan, kecamatan itu boleh. Tapi, tidak tutup kota atau kabupaten. Presiden larang ada karantina wilayah level kota, harus ada izin darinya,” terang Ridwan Kamil.

Dalam kesempatan ini Ridwan Kamil juga meminta agar para kepala daerah di 27 kabupaten/kota di Jawa Barat dapat melakukan rekrutmen relawan Covid-19 dari unsur aparatur sipil Negara (ASN) maupun masyarakat.

Baca Juga: Ridwan Kamil akan Sebar Drone Disinfektan ke 27 Kab/Kota di Jawa Barat

“Segera lakukan rekrutmen relawan. Jadikan ASN dan masyarakat yang muda dan sehat sebagai relawan. Ini tahap satu untuk membantu kampanye physical distancing. Kemudian tahap dua, relawan ini membantu verifikasi bantuan yang akan diberikan oleh provinsi,” jelasnya.

(mur/ca/radarbandung.id)