JATMAN Kab. Bandung Dukung Nia-Usman di Pilbup 2020, “Pemimpin Perempuan tak Masalah”

oleh -
JATMAN Kab. Bandung Dukung Nia-Usman di Pilbup 2020, "Pemimpin Perempuan tak Masalah"
Usman Sayogi saat menghadiri Rapat Koordinasi Cabang Jatman Syu'biyah Kabupaten Bandung, di Hotel Soreang, Selasa (15/9). (Fikriya Zulfah/Radar Bandung)

JATMAN Kab. Bandung Dukung Nia-Usman di Pilbup 2020, Buya Herdi: Pemimpin Perempuan tak Masalah

RADARBANDUNG.id, SOREANG- Jam’iyyah Ahlith Thariqah Al-Mu’tabarah An-Nahdliyyah (JATMAN) Kab. Bandung memberikan dukungan untuk Nia Agustuna-Usman Sayogi di Pilbup Bandung 2020.

Ketua JATMAN Kabupaten Bandung Buya Herdiana CA atau yang akrab disapa Buya Herdi, menyatakan dukungan bukan dilakukan sepihak dan atas nama pribadi. Namun, keikhlasan seluruh anggota JATMAN Kabupaten Bandung.

“Dukungan diberikan atas dasar keikhlasan dan kesadaran diri. Tanpa ada paksaan dari pihak manapun,” ucap Buya Herdi di Soreang, Selasa (15/9).

“Ada proses ibadah ritual juga yang akhirnya semuanya memberikan dukungan kepada Nia-Usman. Ini tidak bisa diganggu gugat,” tegasnya.

“Ada 40 kyai yang mendoakan dan mendukung. Ahli thoriqoh juga mengawal untuk memenangkan Nia-Usman. Jadi jangan anggap JATMAN adalah organisasi abal-abal. Kami ada AD/ART, kami ada akta notaris,” sambungnya.

Dalam kesempatan ini, Buya Herdi angkat bicara soal politik identitas yang mulai berhembus. Karena, ada dua bakal calon bupati Bandung perempuan di Pilbup Bandung 2020.

Dikatakannya, perlu adanya pelurusan opini soal tidak dibolehkannya perempuan memimpin suatu daerah.

Menurutnya, perempuan tak masalah memimpin suatu daerah jika memang memiliki kompetensi mumpuni.

“Mau perempuan mau laki-laki kalau punya kompetensi kenapa tidak. Kalau dalam salat, imamnya perempuan makmumnya laki-laki baru ini melanggar etika agama,” ucapnya.

Baca Juga: Sah, PPP Merapat ke Nia-Usman Sayogi di Pilbup Bandung

“Dalam lingkup kecil saja, misal di rumah, saya lebih menghormati ibu saya. Lebih takut kepada ibu saya. Jadi walaupun perempuan kalau dia kompeten ya tidak ada masalah,” tambahnya.

Sementara itu, calon wakil bupati Bandung, Usman Sayogi mengatakan dukungan JATMAN merupakan sebuah rezeki yang tak terduga.

Baca Juga: Restu Suami Modal Berharga Nia Daftar Pilbup Bandung 2020

Tentunya, dukungan dari kyai amanah yang memiliki tanggung jawab cukup besar.

“Ini sebuah kepercayaan agar kami berpihak kepada umat dalam nanti menentukan arah kebijakan jika kami terpilih menjadi pemimpin daerah,” pungkasnya.

(fik)