Krusialnya Peranan Telemedisin dalam Penyediaan Layanan Kesehatan
RADARBANDUNG.id, BANDUNG– Oxford Business Group, bekerja sama dengan Halodoc, meluncurkan Covid-19 Response Report/CRR (Laporan Tanggap Covid-19) terbarunya.
Covid-19 Response Report/CRR membahas peran penting platform telemedisin dan layanan kesehatan digital untuk mendukung upaya pemerintah Indonesia dalam melakukan mitigasi penanganan pandemi COVID-19 di tanah air, terutama di daerah terpencil.
CRR menampilkan analisis mendalam mengenai upaya pemerintah Indonesia menghadapi pandemi COVID-19 dengan format laporan yang mudah dicerna dan diakses.
Dengan berfokus pada data dan infografis lanskap sosial-ekonomi di Indonesia.
Laporan ini juga mengkaji keunggulan dan tantangan perekonomian Indonesia sebelum terjadinya pandemi.
Pelanggan OBG juga dapat mengakses informasi terperinci mengenai berbagai kebijakan fiskal dan moneter yang diterbitkan pemerintah dalam rangka menstabilkan nilai mata uang rupiah.
Selain itu, memastikan kecukupan likuiditas, membantu sektor ekonomi dan kelompok masyarakat yang rentan.
Dalam laporan ini juga dipaparkan perkembangan yang telah dicapai pemerintah Indonesia terkait program Jaminan Kesehatan Nasional sebelum pandemi.
Dan berbagai tantangan dalam pelaksanaan program ini, termasuk keterbatasan dana dan kesenjangan akses kesehatan karena kondisi geografis.
Juga membahas langkah-langkah yang diterapkan oleh pemerintah untuk menekan laju penyebaran COVID-19.
Serta menurunkan tingkat kematian akibat COVID-19, seiring dengan meningkatnya pengujian, penelusuran, dan kemampuan pengobatan di Indonesia.
Selain itu, menelaah bagaimana perusahaan telemedisin dan penyedia layanan kesehatan digital menyesuaikan platform yang telah ada untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang terus berubah saat pandemi melanda.
Beberapa contoh inovasi teknologi selama pandemi adalah pemanfaatan big data untuk mengidentifikasi adanya potensi klaster COVID-19.
Fitur aplikasi yang memungkinkan konsultasi jarak jauh, rujukan rumah sakit, dan pengiriman obat untuk mengatasi gejala penyakit.
Halodoc disoroti sebagai platform medtech (medical technology) dan telemedisin yang terus berkembang dan membantu mengatasi kesenjangan akses terhadap layanan kesehatan untuk masyarakat Indonesia.
Dalam laporan ini, ditampilkan pula informasi yang disampaikan oleh CEO Halodoc, Jonathan Sudharta.
Di mana ia menjelaskan peran penyedia layanan telemedisin dalam menciptakan “rumah sakit tanpa dinding” saat terjadinya krisis melalui pemanfaatan teknologi digital.
Baca Juga: Halodoc Sediakan Layanan Drive Thru Rapid Test COVID-19
“Bekerja sama dengan para mitra, inisiatif ini merupakan respons yang terintegrasi untuk mengatasi tantangan yang dihadapi di bidang kesehatan, terutama terkait minimnya akses layanan dan kapasitas fasilitas kesehatan,” jelas ujar Jonathan Sudharta, CEO Halodoc.