Wuih! Komunitas Aerox 155 Gaspoll ke Titik Nol Kilometer

oleh -
Wuih! Komunitas Aerox 155 Gaspoll ke Titik Nol Kilometer
Anggota komunitas Aerox 155 Riders Club Indonesia (ARCI) regional Jawa Barat pada kegiatan touring rutin yang dilakukan

RADARBANDUNG.id – MENJAJAL hobi bersama teman-teman memang sesuatu yang amat menyenangkan.

Makanya, pada beberapa daerah kerap ada komunitas atau perkumpulan yang mewadahi hobi tertentu. Seperti hobi otomotif yang kini mulai menyebar ke berbagai kalangan.

Komunitas Aerox 155 Riders Club Indonesia (ARCI), sekumpulan orang yang menyukai motor Aerox 155, keluaran PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing.

  • Komunitas Aerox 155 terbentuk 2017

Terbentuk 2017, semula Komunitas Aerox 155 bertemu melalui jejaring media sosial Facebook. Karena sama-sama memiliki visi dan misi yang sama, akhirnya mereka mulai bertemu offline dan sepakat membuat ARCI.

Ketua Regional Jabar Komunitas ARCI Dhika Noviansyah menuturkan komunitas ini sudah tersebar pada 106 kota Indonesia. Setiap pulaunya bahkan ada cabang regional yang khusus mewadahi pecinta motor Aerox 155 tersebut.

Kesukaannya dengan jenis motor sport matic itu membawa mereka pada kebersamaan dalam berbagi ilmu dan informasi.

Sebab, sama-sama menyukai segala hal tentang Aerox 155, masing-masing chapter akhirnya sepakat bergabung menjadi satu kesatuan.

Musyawarah Nasional (Munas) pertama ARCI Indonesia berlangsung di Puncak, Bogor dan kedua di Kota Bandung.

Kata Dhika, acara dua tahun sekali tersebut digelar pimpinan pusat yang mana masing-masing regional dan chapter bergabung sebagai partisipan.

“Kami sudah legal fakta integritas dan legalitas hukum. Sehingga sudah pasti sah dan tersebar di 106 kota dari Sabang sampai Merauke,” kata Dhika di Jalan Soekarno-Hatta. Jumat (6/11/2020).

Menjadi salah satu komunitas Aerox terbesar Indonesia, pihaknya berusaha menjadi contoh bagi pengguna jalan.

Ketika touring misalnya, keamanan berkendara dengan mematuhi rambu-rambu lalu lintas. Kegiatan touring beberapa kali dalam setahun, semua kembali ke masing-masing chapter.

Kalau chapter Bandung kegiatan biasanya pada minggu pertama awal bulan. Kegiatannya pun bebas, mulai dari kopi darat dengan para anggota yang membahas seputar otomotif atau tentang agenda touring selanjutnya.

  • ARCI Jabar touring ke titik nol kilometer 

Seperti saat ini, ARCI Jabar sedang menjalankan program touring rutin mereka.

Bertajuk ‘Touring Kepahlawanan’, sebanyak lima riders asal Jabar pergi taklukkan jalanan mengendarai motor Aerox 155 menuju titik nol kilometer Indonesia Pulau Sabang, Banda Aceh.

Membawa misi kepahlawanan, hanya orang-orang terpilih yang bisa ikut touring tersebut.

Dhika menerangkan, proses kurasi riders cukup ketat sampai akhirnya terpilih lima orang pe-touring asal Kuningan, Bandung, Bogor, Karawang, dan Cikarang.

“Ada syarat dan ketentuannya, salah satunya peserta haruslah yang sudah andal dan sudah pernah jalan minimal 2-5 kilometer. Kegiatan ini juga sudah didukung berbagai pihak, mulai dari penginapan sampai uang saku. Tinggal modal selamat dunia akhirat, bisa dibilang begitulah,” jelasnya.

Start Touring Kepahlawanan mulai dari Kota Bandung 29 Oktober. Kalau sesuai rencana, pe-touring akan tiba kembali di Bandung pertengahan November.

“Saat ini mereka sedang di jalan menjalankan misi kepahlawanan atas nama Komunitas ARCI Jabar,” imbuhnya.

Tahun lalu, ARCI Jabar melakukan touring serupa ke Nusa Tenggara Timur (NTT) dalam tajuk ‘Touring Kemerdekaan’.

Baca Juga: All New Aerox 155 Connected Resmi Diperkenalkan di Jabar, Makin Canggih dan Sporty

Menurut Dhika, perlu persiapan khusus kalau pengendara mau bepergian jauh menggunakan motor. Salah satunya ialah kesiapan pemotor dan motornya.

“Untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan, kami biasanya menentukan per 3 jam sekali pasti berhenti buat istirahat,” ucapnya.

“Itu kalau misalkan touringnya memakan waktu 8 jam perjalanan ya. Istirahatnya bisa untuk tidur, makan, atau sekedar buka media sosial buat posting,” tandasnya.

(fid)