Ruang Isolasi Pasien Covid-19 di RSUD Cikalongwetan Penuh

oleh -
309 TKK RSUD Cikalong Wetan 2 Bulan Gak Gajian, Dirut dan DPRD KBB Jelaskan Penyebabnya
RSUD Cikalong Wetan

RADARBANDUNG.id, CIKALONGWETAN – Ruang Isolasi pasien Covid-19 Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cikalongwetan terisi penuh. Bahkan ada lima pasien terkonfirmasi positif dalam daftar tunggu.

Dirut RSUD Cikalong Wetan, Ridwan Abdullah Putra, menjelaskan, saat ini kapasitas ruangan isolasi bagi pasien yang terkonfirmasi Covid-19 sudah full.

“Dari sebanyak 20 bed yang tersedia, semuanya sudah terisi penuh. Bahkan lima orang di daftar tunggu,” katanya saat dihubungi Radar Bandung, Selasa (24/11).

Ridwan katakan, semuanya yang saat ini dirawat merupakan pasien terkonfirmasi positif Covid-19 dengan gejala klinis. Oleh karena itu, mendapatkan perawatan RSUD rujukan Covid-19 tersebut.

“Orang yang dirawat mulai dari gejala ringan, sedang hingga berat sehingga memerlukan perawatan,” jelasnya.

Ridwan menyebut, diduga peningkatan jumlah pasien terkonfirmasi positif Covid-19 tersebut lantaran mobilitas warga saat libur panjang cukup tinggi.

“Kemungkinan besar karena libur panjang jadi jumlahnya mengalami peningkatan,” katanya.

Saat disinggung penambahan bed, Ridwan mengatakan, bisa saja meningkatkan kapasitas menjadi 30 bed, namun terkendala oleh tenaga medis yang ada.

“Untuk penambahan tidak ada karena tenaga medis yang ada saat ini kurang dan sudah kelelahan,” ujarnya.

Baca Juga: Ruang Isolasi Pasien Covid-19 di RSUD Cililin Penuh

Ridwan menegaskan, dalam penanganan pasien terkonfirmasi Covid-19 harus ditangani oleh tenaga medis dengan jumlah yang sudah ditentukan.

“Setiap tenaga medis tidak menangani banyak pasien, oleh karena itu kita kekurangan tenaga medis,” katanya.

(kro)