RADARBANDUNG.id, BANDUNG – Aplikasi Pikobar (Pusat Informasi dan Koordinasi Covid-19 Jawa Barat) meluncurkan fitur baru berupa layanan telekonsultasi. 

Dengan fitur anyar ini, masyarakat dapat berkonsultasi langsung dengan dokter secara online dan gratis.

Fitur telekonsultasi merupakan hasil kolaborasi Pemprov Jabar dengan Prixa, mitra layanan kesehatan digital Pikobar dalam upaya meningkatkan akses layanan kesehatan bagi warga Jabar.

Prixa menyediakan sistem periksa berbasis kecerdasan buatan (artificial intelligence) mencakup data dan informasi lebih dari 30 jenis penyakit dan 60 gejala penyakit terkait Covid-19, serta sistem layanan telekonsultasi yang dibantu tenaga relawan dokter.

“Pikobar sebagai upaya kami dalam memberikan pelayanan terbaik untuk kesehatan dan penanganan Covid-19. Kami berharap masyarakat dapat memanfaatkan dan mengunduh Pikobar ini sebagai acuan dan referensi penanganan Covid-19,” ujar Setiaji, Kepala Diskominfo Jawa Barat, Selasa (1/12).

Fitur Telekonsultasi ini dapat diakses melalui fitur Periksa Mandiri dalam aplikasi dan website PIKOBAR.

Layanan ini dirancang untuk memberikan kemudahan bagi pengguna dalam mengakses pelayanan kesehatan secara langsung, cepat dan tanpa biaya.

Warga Jabar dapat mengakses layanan telekonsultasi ini melalui fitur Periksa Mandiri, tahapannya antara lain; melakukan periksa keluhan kesehatan melalui sistem periksa berbasis AI dari Prixa untuk mendapatkan prediksi kemungkinan kondisi berdasarkan gejala yang dialami hanya dalam kurang dari lima menit.

Setelah itu, warga juga dapat melihat halaman hasil kemungkinan kondisi dan mengakses fitur Telekonsultasi dengan menekan tombol “Konsultasi Via Chat” untuk melanjutkan konsultasi gratis dengan dokter secara online.

Pikobar versi teranyar yang rilis bulan ini, bahkan bisa membantu pengguna melaporkan perkembangan kesehatan lebih dari satu orang yang sedang menjalani isolasi dalam satu aplikasi saja.

Tidak hanya fitur Periksa Mandiri, Telekonsultasi, dan Lapor Kesehatan untuk Orang Lain, aplikasi Pikobar versi 2.2.3 juga memiliki fitur lain, seperti fitur Data Jabar, Data Nasional, Cek Sebaran, Saber Hoaks, Fitur Pelacakan Kontak dan lainnya.

Baca Juga: Diunduh Lebih dari 1 Juta Kali, Pikobar Masuk Jajaran Top 21 Inovasi Pelayanan Publik Penanganan COVID-19

“Harapan Prixa melalui kerja sama penambahan fitur Telekonsultasi di Pikobar ini dapat mendukung warga memeriksakan kesehatannya secara mandiri serta turut membantu menekan laju penyebaran virus COVID-19 di Jabar,” kata dr Kafi Harridhi Khaibar Lubis, Medical Consultant di Prixa.

Sebagai salah satu pintu pendaftaran tes masif Covid-19 di Jabar, fitur Periksa Mandiri di Pikobar telah digunakan sekitat 700.000 orang per Oktober 2020.

(muh)